oleh

Dispendukcapil Subang Musnahkan Puluhan Ribu E-KTP

News Satu, Subang, Kamis 10 Januari 2019- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar) telah mengembalikan 24 ribu keping lebih e-KTP yang invalid ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada tahun 2018. Kemudian, sebanyak 13 ribu keeping E-KTP dimusnahkan dengan cara membakarnya.

Dalam pemusnahan 13 ribu keping lebih e-KTP invalid itu, pihaknya melibatkan Aparat Kepolisian dari Polsekta Subang Kota,  juga Anggota dari Polres Subang.

“Kita sudah membuat berita  acara pengembalian e-KTP invalid, termasuk berita acara pemusnahan,” kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Subang, Dadang Kurnianudin, Kamis (10/1/2019).

Sedangkan sianya sebanyak 900 keping E-KTP invalid masih disimpan di Kantor Disdukcapil.

“Itu sisa e-KTP invalid yang belum Kita musnahkan ada sekitar 900 keping lagi, itu merupakan sisa dari beberapa Kecamatan,” jelasnya.

Hal itu dilakukannya, guna mengantisifasi penyalahgunaan e-KTP oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, terlebih tahun ini merupakan tahun politik, dan diketahui bersama bahwa Pemilih di Pemilu 2019 berbasis e-KTP, artinya setiap Pemilih yang sudah terdaftar di DPT Pemilu, wajib menunjukan E-KTP, ketika hendak melakukan pencoblosan di TPS.

“Ini sebagai antisipasi saja, dan pemusnahan itu dilakukan tidaknya di Kabupaten Subang sajatetapi secara nasional,” tutupnya. (Reno)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.