oleh

Begini Pelaksanaan Misa Natal Di Sumenep Di Pandemi Covid-19

News Satu, Sumenep, Kamis 24 Desember 2020- Perayaan Natal di tahun ini tentunya akan terasa berbeda dengan tahun sebelumnya, pasalnya kondisinya masih dalam situasi Pamdemi Covid -19, tentunya cara perayaannya harus dengan menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, salah satunya yang dilakukan Gereja Katolik Paroki Maria Gunung Karmil Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yakni dengan membatasi Jamaat nya dalam Misa natal di masa Pandemi.

“Sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Agama nomor 23. Maka dari 600 jamaat yang ada disini, hanya sekitar 200 yang akan mengikuti perayaan natal di gereja ini,” terang Pastur Gereja Katolik Paroki Maria Gunung Karmil Sumenep, Romo Puji Astanto, Kamis (23/12/2020).

Menurutnya, para jamaat sebelum masuk keruang peribadatan atau perayaan, harus mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Dan dilakukan pada tanggal 24-25 Desember 2020.

“Untuk tanggal 24 digelar sekitar pukul 18.00 WIB, dan tanggal 25 pada pukul 19.00 WIB tentunya dengan Membawa handsinitizer, mengenakan masker,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia menambahkan, bagi jamaat katolik setempat yang tidak ikut merayakan di gereja, bisa mengikuti siaran langsung yang akan tayang di salah satu media TV.

“Setelah kelar acara, para jamaat harus langsung pulang tanpa salam-salaman,” terangnya.

Bila ada jamaat dari luar kota, katanya, bisa merayakan natal di gerejanya namun harus menyertai surat keterangan rapid tes dari rumah sakit yang berlaku dengan hasil non reaktif.

“Kalau tidak membawa surat keterangan, maka tidak diperkenankan masuk ruangan,” pungkasnya. (Hanif)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.