oleh

Angin Puting Beliung Porak-porandakan Puluhan Rumah Di Sumenep

News Satu, Sumenep, Senin 20 Nopember 2017- Angin puting beliung porak-porandakan puluhan rumah di lima desa yang ada di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim), Senin (20/11/2017).

Lima desa yang diterjang angin puting beliung tersebut yakni Desa Marengan Laok, Kertasada, Kalimook, Karanganyar di Kecamatan Kalianget dan Desa Nambakor di Kecamatan Saronggi.

Berdasarkan informasi sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten setempat, sebanyak 21 rumah milik warga rusak parah akibat musibah tersebut. Selain itu, puting beliung juga merusak puluhan toko, warung, kandang ayam dan dapur milik warga.

Bahkan, kerusakan terparah menimpa gudang menyimpanan garam di Desa Kertasada, Kecamatan Kalianget, Sumenep. Akibat musibah tersebut, atap gudang terlihat porak-poranda.

“Hasil pendataan sementara yang kami lakukan, ada 21 rumah atau keluarga yang terdampak musibah ini. Semuanya di Desa Kertasada,” kata Humas BPBD Kabupaten Sumenep, Hariyadi, Senin (20/11/2017).

Ia menjelaskan, musibah puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 Wib. Berawal dari awan hitam yang menggumpal dari arah barat arah barat kemudian datang angin ganas dan menghancurkan rumah serta toko milik warga. Hingga saat ini, BPBD setempat terus melakukan pendataan terhadap korban bencana.

“Untuk korban di desa yang lain masih kami lakukan pendataan. Sementara hanya itu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa. Hanya saja ada satu orang mengalami luka karena tertimpa robohan atap rumah miliknya. Sedangkan untuk kerugian material yang dialami, pihaknya masih belum memperkirakan kerugian yang diderita para korban.

“Ada satu orang warga mengalami luka karena tertimpa runtuhan atap rumah. Tapi yang bersangkutan sudah mendapatkan perawatan medis di Puskesmas dan saat ini sudah dipulangkan,” pungkasnya. (Ozi)

Komentar