APBD 2019, Pemkab Sumenep Alokasikan 40 Persen APBD Untuk Kepulauan

APBD 2019, Pemkab Sumenep Alokasikan 40 Persen APBD Untuk Kepulauan
APBD 2019, Pemkab Sumenep Alokasikan 40 Persen APBD Untuk Kepulauan

News Satu, Sumenep, Selasa 31 Juli 2018- Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) untuk mempercepat pembangunan di Kepulauan terus dilakukan. Terbukti alokasi dana pembangunan infrastruktur di Kepulauan sebesar 40 persen dari tota Anggaran Keuangan daerah pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2019.

Dalam RAPB 2019, kekuatan anggaran Kabupaten Sumenep sebesar Rp 2,1 triliun. Dari total anggaran tersebut untuk kepulauan sebesar 40 persen, sedangkan 60 persen untuk wilayah daratan.

“Untuk kepulauan 40 persen, sedangkan daratan 60 persen,” kata Edy Rasiyadi, Sekda Kabupaten Sumenep, Selasa (31/7/2018).

Lanjut mantan Kepala Dinas PU Bina Marga Sumenep ini, pembagian anggaran ini dinilai sudah proporsional, karena mengingat luas daratan lebih besar dari kepulauan. Kabupaten Sumenep memang memilik 126 Pulau baik berpenghuni maupun tidak berpenghuni. Sedangkan di Sumenep ada 27 Kecamatan, yakni 18 Kecamatan di daratan dan 9 Kecamatan di Kepulauan.

“Pembagian 40 kepulauan dan 60 daratan itu sudah proporsional,” tandasnya.

Selain pembagian anggaran dilakukan secara proporsional, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep juga tetap fokus pada program Visit Sumenep 2018, baik dalam pengembangan keperiwisataan dan pembangunan infrastruktur yang merupakan penunjang dari obyek wisata.

“Untuk program visit kami masih tetap melakukan pengembangan di sejumlah obyek wisata,” pungkasnya. (Roni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.