News Satu, Sumenep, Jumat 26 Mei 2017- Untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1438 H, Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan melakukan rukyatul hilal di Dusun Panaros, Desa Campor Barat, Kecamatan Ambunten. Direncanakan, tim BHR Kabupaten direncanakan akan berangkat hari ini sekitar pukul 16.00 WIB.

“InsyaAllah, nanti sekitar pukul 16.00 WIB kita akan berangkat ke lokasi,” kata wakil sekretaris BHR Kabupaten Sumenep, Imam Fajar, Jumat (26/5/2017).

Imam menjelaskan, pemilihan Dusun Panaros sebagai lokasi untuk melihat hilal karena dusun tersebut merupakan dataran tinggi sehingga pas untuk melakukan pengamatan. Selain itu, tempatnya juga strategis dan sangat memungkinkan penggunaan alat untuk melihat hilal. Sementara untuk alat yang akan digunakan berupa teropong untuk melihat keberadaan dan ketinggian hilal.

“Tempatnya sangat strategis untuk melakukan pengamatan. Selain itu juga sangat memungkinkan dalam menggunakan alatnya,” terangnya.

Ia menambahkan, lokasi pengamatan hilal oleh BHR tidak sama tiap tahunnya. Tahun lalu, lokasi pengamatan hilal dilakukan di Kecamatan Batuputih, sementara tahun 2015 bertempat di Kecamatan Ambunten.

Rukyatul hilal tersebut dilakukan untuk melihat ketinggian bulan dan menentukan awal bulan. Menurutnya, selain menentukan awal bulan Ramadhan, BHR juga melakukan rukyatul hilal pada hari raya idul fitri dan idul adha.

“Jadi selama satu tahun, kita melakukan rukyatul hilal sebanyak tiga kali. Yaitu awal bulan ramadhan, bukan Syawal dan idul adha,” imbuhnya. (Ozi)

Komentar