oleh

Ketua DPRD Sumenep; Program Baru Jangan Melupakan Program Lama

News Satu, Sumenep, Jumat 31 Maret 2017- Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang dirumuskan pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui kegiatan Musrenbangkab tahun ini diharapkan tidak hanya fokus dalam menemukan program pembangunan baru namun lupa mengevaluasi program yang tengah dicanangkan.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, H Herman Dali Kusuma, mengatakan, dalam Musrenbangkab yang dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 30-31 Maret 2017 ini, pemerintah Kabupaten jangan terlalu memandang ke depan dan mengatur konsep pembangunan. Akan tetapi harus pula menoleh ke belakang untuk melihat sejauh mana tingkat keberhasilan program pembangunan yang sudah dicanangkan.

“Yang paling ideal, pemerintah jangan terlalu memandang ke depan dan mengatur konsep, akan tetapi harus menoleh ke belakang program fundamental apa saja yang belum terserap dan program kesejahteraan apa saja yang belum tersalurkan,” kata ketua DPRD Kabupaten Sumenep, H Herman Dali Kusuma, Jumat (31/3/2017).

Sebab, berdasarkan hasil reses yang dilakukan oleh anggota dewan beberapa waktu lalu, ditemukan banyak keluhan dari masyarakat terkait pembangunan dan program kesejahteraan di Kabupaten Sumenep. Akan tetapi, politisi PKB ini tidak menyebutkan secara rinci program saja yang mendapat keluhan dari masyarakat.

“Hasil reses anggota dewan sudah kita serahkan ke Pemkab untuk dijadikan masukan dalam pembangunan,” tambah Herman.

Menurutnya, menoleh ke belakang dalam arti melakukan evaluasi terhadap program pembangunan yang telah dicanangkan penting dilakukan oleh pemerintah untuk mengetahui sejauh program tersebut berhasil dalam mensejahterakan masyarakat. Sekaligus untuk mengetahui kendala yang menghambat terlaksananya program tersebut.

“Ini (menoleh ke belakang, red) dilakukan, agar program kesejahteraan yang belum optimal dapat ditingkatkan dan program yang sudah dirasakan masyarakat dapat dipertahankan,” jelasnya.

Sebagaimana diberitakan, dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2018, Pemkab Sumenep menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Musrembangkab) yang melibatkan semua unsur mulai dari pemerintahan hingga masyarakat. Kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung selama dua hari yakni sejak tanggal 30 hingga 31 Maret 2017. (Ozi)

Komentar