oleh

Pesona Laut Sumenep, Pikat Ribuan Wisatawan Mancanegara

News Satu, Sumenep, Selasa 12 Desember 2017- Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) merupakan sebuah wilayah yang kaya dengan pesona lautnya. Sebab, Kabupaten yang berada di ujung timur pulau garam Madura ini memiliki 126 Kepulauan, dan keindahan lautnya juga sangat menarik para perhatian para wisatawan mancanegara, terbukti dari tahun ke tahun pengunjung wisata ke Sumenep terus meningkat.

Berdasarkan data di Disbudparpora Sumenep, jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di Sumenep sejak tahun 2015 hingga tahun 2017 terus mengalami peningkatan, yakni pada tahun 2015 sebanyak 626 ribu 338 orang, meliputi wisatawan Nusantara sebanyak 626.921 dan wisman sebanyak 417.

Sedangkan pada tahun 2016 sebanyak 855 ribu 946 orang meliputi 854.614 wisatawan Nusantara dan  seribu 332 wisman. Dan pada tahun 2017 hingga Agustus sebanyak lima 687.979, denga rincian wisman sebanyak 2.832 orang dan Wisatawan Nusantara mencapai 685.147.

Dari data tersebut, para pengunjung atau wisatawan kebanyakan mengunjungi lokasi wisata bahari, seperti Pantai Sembilan, Gili Labak, Gili Iyang yang yang dikenal sebagai wisata kesehatan. Selain itu pula, para wisatawan juga mengunjungi tempat bersejarah di Sumenep dan wisata Religi.

“Dari tahun ke tahun jumlah pengunjung wisatawan mancanegara (Wisman) terus mengalami peningkatan, pada tahun ini saja sudah mencapai 2.832 orang,” kata Bupati Sumenep, A Busyro Karim, Selasa (12/12/2017).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumenep ini mengatakan, Pemerintah Daerah akan terus melakukan pembenahan terhadap sejumlah obyek wisata. Apalagi pada tahun 2018, Pemerintah Daerah mencanangkan program tahun kunjungtan wisata atau Visit Sumenep.

Dengan banyaknya pengunjung atau wisatawan dari mancanegara ini merupakan angin segar dalam dunia kepariwisataan Sumenep. Hal ini membuktikan, bahwa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumenep sangat diminati oleh masyarakat, baik nasional maupun mancanegara.

“Perkembangan wisata Sumenep berada di jalur yang tepat dan cerah. Pemerintah juga terus melakukan pembangunan dan pembenahan di segala bidang, tak terkecuali di sektor pariwisata,” ujarnya.

Lanjut Bupati Sumenep dua (2) Periode ini, untuk terus meningkatkan pengunjung wisata, Pemkab akan melakukan promosi dan kemitraan dengan berbagai pihak, serta mempermudah akses ke Sumenep maupun ke sejumlah obyek wisata.

“Dengan adanya penerbangan komersial di Bandara Trunojoyo membuat akses transportasi menuju Sumenep semakin mudah dan terjangkau dari seluruh nusantara, dan juga kami akan melakukan pembenahan transportasi ke sejumlah obyek wisata,” imbuhnya. (Roni)

Komentar

News Feed