oleh

Target Serapan Gabah Bulan Maret Masih Kurang 32 Ton

News Satu, Sumenep, Sabtu 25 Maret 2017- Serapan gabah (Sergab) yang ditargetkan pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, untuk bulan Maret hingga saat ini masih tersisa 32 ton. Pasalnya, dari 382 ton gabah yang ditargetkan, sampai saat ini yang terealisasi sebanyak 349,5 ton.

“Serapan gabah hingga hari ini masih mencapai 349,5 ton. Ini artinya target untuk bulan Maret masih kurang 32 ton,” Kata Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sumenep, Bambang Heriyanto, Sabtu (25/3/2017).

Menurut Bambang, meski serapan gabah untuk bulan Maret masih jauh dari target, namun pihaknya mengaku optimis jika pada akhir bulan target tersebut dapat terpenuhi. Hal itu karena saat ini masih banyak tanaman padi yang ditanam para petani yang belum dipanen. Sehingga tanaman padi itulah nantinya diharapkan yang akan menutupi kekurangan target capaian Sergab yakni sebanyak 32 ton.

“Kami optimis target bulan maret ini bisa terpenuhi,” ujarnya.

Bambang menjelaskan, untuk tahun 2017 ini, pemerintah daerah Kabupaten Sumenep menargetkan serapan gabah sebanyak 4.313 ton. Meski mematok target tinggi, namun pihaknya meyakini target tersebut akan terlampaui.

Salah satu faktor yang menjadi dasar, lanjut Bambang, yaitu tanaman padi petani tidak ada yang terkena hama. Selain itu, ia juga menyinggung informasi dari Badan Meteologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, yang menyebutkan bahwa musim kemarau di wilayah Sumenep baru akan tiba pada bulan Mei.

“Informasi dari BMKG Sumenep, musim kemarau akan berlangsung pada bulan Mei. Jadi kami optimis akan mencapai target,” pungkasnya. (Ozi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.