oleh

Warga Kepulauan Rapatkan Barisan Bentuk Kabupaten Kepulauan Sumenep

News Satu, Sumenep, Minggu 2 April 2017- Para pemuda dan tokoh Kepulauan Sumenep, Madura, Jawa Timur mulai merapatkan barisan dalam pembentukan Kabupaten kepulauan. Bahkan dalam waktu dekat mereka akan mendatangi kantor DPRD dan Pemkab Sumenep, guna mendesak agar segera dibentuk Tim Persiapan Kabupaten Kepulauan.

“Dalam rapat tadi, kami ada beberapa kesepakatan diantaranya mendesak Pemkab dan DPRD Sumenep membentuk Tim Persiapan Kabupaten Kepulauan. Bahkan kami juga meminta agar ada anggaran khusus persiapan Kabupaten Kepulauan,” kata Abd. Aziz Salim Syabibi, salah seorang tokoh Kepulauan, Minggu (2/4/2017).

Ia menjelaskan anggaran persiapan Kabupaten Kepulauan Sumenep tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya selama dua (2) tahun untuk pembentukan wilayah baru. Namun jika dalam waktu 2 tahun masih dianggap belum siap, maka tidak perlu dilanjutkan.

“Tuntutan ini dilakukan karena adanya dukungan dari Bupati Sumenep A Busyro Karim, sehingga jangan hanya wacana saja mendukung. Akan tetapi juga harus ada aplikasi dari ucapan Bupati Sumenep itu, dengan mengganggarkan pesiapan Kabupaten Kepulauan,” ujar Politisi Partai Nasdem ini.

Menurutnya, sudah waktunya Kabupaten Kepulauan Sumenep ini sudah terwujud. Wacana Kabupaten Kepulauan bukan baru kali ini, melainkan sudah 20 tahun yang lalu masyarakat kepulauan ingin merdeka atau memisahkan dari Kabupaten Sumenep. Sebab melihat dari letak geografis tidak mungkin seluruhnya dijangkau oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, terbukti banyak pelayanan publik tidak maksimal dan anggaran pembangunan infrastruktur di kepulauan juga sangat jauh dibandingkan dengan daratan.

“Keinginan kami (warga kepualuan, red) hanya satu, yakni ingin merdeka dan bisa membangun wilayahnya sendiri. Sebab selama ini Pemkab Sumenep masih belum maksimalkan dalam memberikan anggaran pembangunan di Kepulauan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, Aktivis Kepulauan jadi Kabupaten ini juga mengklaim, ada sembilan kepulauan yang sudah siap bergabung untuk menjadi Kabupaten Kepulauan Sumenep. Oleh karena itu, pihaknya berharap Pemerintah Daerah dan mendesak DPRD Sumenep segera menganggarkan Persiapan Kabupaten Kepulauan.

“Kami akan terus berjuang untuk membentuk Kabupaten Kepulauan Sumenep ini, bahkan kami sudah melayangkan surat kepada Presiden agar segera ada pemekaran di Wilayah Sumenep,” tandasnya.

Pembentukan Kabupaten Kepulauan Sumenep ini, juga bisa menjadi penunjang terbentuknya Provinsi Madura yang saat ini selalu menjadi perbincangan hangat di kalangan elite. Bahkan sejumlah tokoh dan pemuda juga merapatkan barisan dan membuat konsep jika Madura jadi Provinsi.

“Saya kira jika ada Kabupaten Kepulauan Sumenep, maka secara otomatis Madura Jadi Provinsi akan terwujud,” pungkasnya.

Semoga saja wacana Madura menjadi Provinsi dan Kabupaten menjadi Kabupaten sendiri bisa terwujud. Namun demikian banyak hal yang harus dipersiapkan jika ingin menjadi sebuah wilayah sendiri, seperti pembangunan SDM-nya harus sudah siap, pengelolaan SDA dan pembangunan infrastrukturnya. (RH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.