oleh

Wujudkan Masyarakat Sehat, Poli Rehabilitasi Medic RSUD Moh. Anwar Tingkatkan Pelayanan

News Satu, Sumenep, Kamis 20 April 2017- Komitmen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moh. Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur, untuk mewujudkan masyarakat Sumenep yang sehat terus dioptimalkan. Salah satunya melalui poli Rehabilitasi Medik (Rehab Medik) yang terus dilakukan pembenahan baik dalam segi alat kesehatan maupun tenaga yang profesional.

Dokter spesialis Rehab Medik, dr. Nuryatien Husna, Sp.KFR, menerangkan, Rehab Medik merupakan salah satu pelayanan kesehatan bagi penderita gangguan fisik dan fungsi tubuh karena sakit atau cedera, seperti gangguan sendi, otot, saraf dan tulang. Selain itu, Rehab Medik juga berguna bagi penderita kelainan fungsi anatomi, fungsi organ, disabilitas dan gangguan dalam berintraksi sosial.

“Intinya untuk meningkatkan kemampuan fungsional dan kualitas hidup masyarakat secara maksimal,” kata dr. Nuryatien Husna, Sp.KFR, dokter spesialis rehab Medik RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep, Kamis (20/4/2017).

Ia menjelaskan, pengobatan untuk gangguan fisik dan fungsi tubuh seperti gangguan sendi dan tulang melalui Rehab Medik sangat aman dibandingkan dengan mengkonsumsi obat anti nyeri. Pasalnya, obat anti nyeri jika dikonsumsi dalam waktu yang lama dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh.

“Disini (Rehab Medik, red), kita menggunakan alat kesehatan yang khusus untuk memperbaiki gangguan fisik dan fungsi tubuh. Jadi sangat aman tanpa ada efek samping,” tambah dokter yang biasa disapa Husna.

Ia menyebutkan, alat kesehatan yang saat ini sudah tersedia yaitu infra red sebanyak tiga unit, short wave diathermy sebanyak dua unit, satu unit ultrasound diathermy, electrical stimulation sebanyak tiga unit, satu unit lumbal dan cervical traksi dan high intensity laser sebanyak satu unit.

Alat-alat tersebut digunakan untuk rehabilitasi Medik baik pasien balita maupun pasien Lansia, dalam satu bulan pihaknya menangani 400 hingga 450 pasien.

“Termasuk balita yang mengalami gangguan fungsi karena tidak bisa menoleh atau gangguan pertumbuhan juga kita layani,” jelas dokter asal Jombang ini.

Sementara, Direktur RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep, dr Fitril Akbar, mengatakan, untuk semakin mengoptimalkan pelayanan rehabilitasi Medik, pihaknya akan melakukan inovasi dan pengembangan baik dalam SDM maupun pengadaan alat. Termasuk penambahan ruang gymnasium, ruang sensory integrasi, tenaga speach terapis, dan lain-lain.

“Inovasi akan terus kita lakukan. Karena komitmen kita mewujudkan masyarakat Sumenep yang sehat dan berkualitas,” tegas dr. Fitril Akbar. (Ozie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.