HEADLINENEWSPEMERINTAHANREGIONALSUMENEP

Bupati Fauzi, OPD Harus Tanggap Dalam Dampak El Nino Di Sumenep

1654
×

Bupati Fauzi, OPD Harus Tanggap Dalam Dampak El Nino Di Sumenep

Sebarkan artikel ini
Bupati Fauzi, OPD Harus Tanggap Dalam Dampak El Nino Di Sumenep
Bupati Fauzi, OPD Harus Tanggap Dalam Dampak El Nino Di Sumenep

News Satu, Sumenep, Senin 18 September 2023- Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, H. Achmad Fauzi, Wongsojudo, SH, MH, meminta agar semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus selalu waspada dan tanggap dalam mengambil langkah dari damapk El Nino.

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Sehingga, dengan perubahan cuaca yang ekstrem akibat dampak El Nino ini, berpotensi menyebabkan gagal panen dan mengancam ketahanan pangan daerah.

“Jadi saya instruksikan kepada seluruh OPD agar selalu waspada dan tanggap dalam mengambil langkah dari dampak El Nino ini,” katanya, Senin (18/9/2023).

Lanjut Bupati Fauzi, khususnya instansi terkait agar bersinergi dengan para petani dalam upaya menjaga keberlangsungan produksi pertanian, dan memastikan pasokan air yang mencukupi.

“Saya minta warga tidak panik, jika kekurangan air bersih. Kami (Pemkab Sumenep, red) akan selalu memantau kebutuhan air dan segera mengirimkan bantuan tersebut,” tandasnya.

Suami Nia Kurnia Fauzi ini menegasakan, Pemkab Sumenep sudah melakukan pemetaan wilayah yang berpotensi terkena El Nino, seperti daerah yang mengalami kekeringan dan kekurangan air.

Berdasarkan pemetaan tersebut, seluruh OPD terkait, termasuk Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, telah diberi instruksi untuk melakukan pemantauan secara aktif terhadap pertanian di Sumenep guna mencegah terjadinya gagal panen.

Selain itu, BPBD dan Dinas Sosial, Perlindungan Pemberdayaan Perempuan, dan Anak (Dinsos P3A) juga diminta untuk bersiap-siap dalam memastikan ketersediaan air yang akan didistribusikan kepada masyarakat jika situasi memburuk.

“Kami menginstruksikan semua OPD terkait untuk bekerja sama dalam menghadapi dampak El Nino di Sumenep,” pungkasnya. (Robet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.