Bupati Sumenep Akan Perbaiki Kios yang Terbakar Melalui PAPBD

News Satu, Sumenep, Jum’at 1 April 2022- Kebakaran yang melalap empat kios di Pasar Lenteng Desa Lenteng Timur, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, terbakar pada Jum’at (1/4/2022) sekira pukul 03.45 Wib.

Akibat kobaran Api tersebut, empat kios hangus sampai barang yang ada di dam tidak bisa diselamatkan oleh pemiliknya.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi, secara langsung meninjau lokasi terjadinya kebakaran di Pasar Lenteng, Pihaknya merasa prihatin atas terjadinya kebaran empat kios tersebut.

“Kami harap para pedagang sabar dalam menghadapi musibah ini,” ujarnya, Jum’at (1/4/2022).

Di sela-sela peninjauan kios yang terbakar, Bupati Fauzi juga menyampaikan, pihaknya pasti memperbaiki kios yang terbakar tahun ini, yang alokasi dananya melalui Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD).

“Pemerintah Daerah jelas memperbaiki bangunan beberapa kios yang rusak akibat kejadian kebakaran itu,” ucap Fauzi.

Selain itu, Politisi partai PDI Perjuangan ini berharap untuk pedagang agar memiliki kesadaran untuk mengasuransikan usaha mereka.

Dirinya telah menginstruksikan pihak terkait untuk memfasilitasi para pedagang pasar tradisional untuk membantu mereka ikut asuransi.

“Meskipun kami tidak menghendaki musibah kebakaran dan lainnya, namun para pedagang pasar tradisional ikut asuransi, sebagai antisipasi jika terjadi musibah” tuturnya.

Bupati Fauzi juga bertemu dengan pedagang yang terdampak serta melakukan dialog dengan mereka.

“Berdasarkan pengakuan pedagang yang kiosnya terbakar mengalami kerugian sekitar Rp150 juta,” tuturnya.

Dalam tinjauannya, Bupati Achmad Fauzi didampingi Sekretaris Daerah Edy Rasiyadi, M.Si, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Chainur Rasyid, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Eri Susanto dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ferdiansyah Tetrajaya.(Zalwi)