Bupati Sumenep Beri Bantuan Pada Korban Puting Beliung

Bupati Sumenep Beri Bantuan Pada Korban Puting Beliung
Bupati Sumenep Beri Bantuan Pada Korban Puting Beliung

News Satu, Sumenep, Senin 11 Maret 2019- Angin puting beliung yang melanda sejumlah rumah warga di Kecamatan Lenteng dan Saronggi, Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim), langsung mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah setempat. Bahkan, Bupati Sumenep, Dr. KH. Abuya Busyro Karim, M.Si langsung mendatangi lokasi dan memberikan bantuan kepada para korban bencana alam tersebut.

“Setelah mendapat informasi, kami langsung mendatangi lokasi dan memberikan bantuan kepada korban bencana alam. Bantuan tersebut berupa makanan siap saji, pakaian, terpal, matras dan perlengkapan bayi,” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. Abuya Busyro Karim, M.Si, Senin (11/3/2019).

Selain itu pemerintah daerah juga memberikan bantuan dana untuk membantu meringankan beban biaya perbaikan rumah yang rusak, hanya saja bantuan keuangan itu belum bisa diserahkan pada hari ini.

“Kami masih menunggu hasil pendataan rumah terdampak angin puting beliung untuk menentukan jumlah rumah yang rusak ringan, sedang dan rusak berat, sebab besaran bantuannya menyesuaikan dengan tingkat kerusakan masing-masing rumah,” ucapnya.

Orang nomer satu di Kabupaten Sumenep ini berharap, agar korban bencana alam angin puting beliung bersabar menghadapi musibah yang menyebabkan rumahnya rusak dan tetap berusaha memperbaiki kerusakan rumahnya, sehingga tidak menunggu bantuan pemerintah daerah.

“Saat ini, Taruna Siaga Bencana (Tagana) bersama jajaran TNI, Polri dan masyarakat turun tangan membantu memperbaiki rumahnya yang rusak, seperti menurunkan dan memperbaiki genteng rumah korban bencana alam,” tuturnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Dr. R. Abd. Rahman Riadi, SE, MM menyampaikan, pihaknya juga secepatnya memberikan bantuan untuk korban angin puting beliung di desa lainnya.

“Bantuan untuk korban di Desa Pore Kecamatan Lenteng, Desa Talang dan Desa Kambingan Timur Kecamatan Saronggi menyusul setelah penyerahan bantuan di Desa Tarogan ini,” tuturnya.

Dia menambahkan, akibat terjangan angin puting beliung itu menyebabkan puluhan rumah mengalami kerusakan di dua kecamatan yakni di Kecamatan Lenteng dan Kecamatan Saronggi.

“Rumah rusak terdampak angin puting beliung di Kecamatan Lenteng antara lain yakni, Desa Tarogan sebanyak 40 rumah dan Desa Pore sebanyak 6 rumah. Sedangkan di Kecamatan Saronggi yakni di Desa Talang sebanyak 14 rumah dan Desa Kambingan Timur sebanyak 6 rumahm” pungkasnya.

Akibat terjangan angin puting beliung yang terjadi pada Minggu (10/03/2019) siang sekitar pukul 13.00 WIB itu menyebabkan puluhan rumah yang tersebar di empat desa di Kecamatan Lenteng dan Kecamatan Saronggi mengalami kerusakan. (Ifa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.