Bupati Sumenep Kolaborasi Dengan Baznas Dalam Menurunkan Angka Kemiskinan

News Satu, Sumenep, Minggu 2 April 2023- Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Achmad Fauzi, SH,MH, terus melakukan berbagai upaya dalam menurunkan angka kemiskinan di daerahnya dan melakukan kolaborasi dengan sejumlah elemen.

Seperti Badan Amial Zakat Nasional (Baznas) juga diajak oleh Bupati Fauzi, dalam menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Sumenep. Bahkan, Pemkab Sumenep bekerja sama dengan Baznas untuk meningkatkan pengumpulan dan pendistribusian Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) dan dana sosial lainnya.

Hal itu dilakukan sebagai langkah nyata dalam meningkatkan kesejahteraan, sehingga mendukung program pemerintah daerah guna mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Sumenep.

“Kolaborasi bersama Baznas serta lintas sektor lainnya sangat penting untuk bersama-sama meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menekan angka kemiskinan dan kegiatan sosial lainnya,” kata Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH, Minggu (2/4/2023).

Lanjut Politisi PDI Perjuangan Sumenep ini, Pemkab Sumenep tidak bisa bergerak sendiri dalam menurunkan angka kemiskinan maupun dalam pembangunan. Melainkan, dibutuhkan banyak dukungan dan melibatkan seluruh elemen.

“Kita (Pemkab Sumenep, red) tidak bisa berjalan sendiri, melainkan harus melibatkan seluruh elemen,” tandasnya.

Suami Nia Kurnia ini berharap, masyarakat memberikan kepercayaan kepada Baznas Kabupaten Sumenep dalam meningkatkan kepedulian terhadap sesama melalui zakat, infak dan sedekah, supaya perannya semakin maksimal membantu pemerintah daerah.

“Seluruh elemen sangat penting memaksimalkan peran Baznas dalam membantu pemerintah daerah, untuk berperan aktif dalam mengentaskan masyarakat dari kemisikinan dengan membangun sistem pengentasan kemiskinan berbasis zakat, infak dan sedekah,” tuturnya.

Menurutnya, Selama iniBaznas Kabupaten Sumenep telah melakukan berbagai program untuk masyarakat, di antaranya menyantuni anak yatim piatu, menurunkan angka kemiskinan dan beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu yang berprestasi dan bantuan kepada UMKM.

“Yang jelas, Baznas Kabupaten Sumenep sudah melakukan kegiatan positif guna mendorong pembangunan di daerah melalui program-programnya kepada masyarakat,” ucapnya.

Dalam hal ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Sumenep Achmad Fauzi menyerahkan santunan dan paket tas sekolah bagi 500 anak yatim piatu dan pembagian zakat produktif kepada 100 pelaku usaha ultra mikro. (Roy)

Komentar