Diterjang Ombak, Puluhan Rumah Warga Pesisir Sumenep Rusak

News Satu, Sumenep, Selasa 25 Desember 2018- Puluhan rumah di Di Desa Pakandangan Barat, Kecamatan Bluto, Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) mengalami rusak berat setelah diterjang ombak. Pada saat itu terjadi angin kencang dan air laut pasang menerjang puluhan rumah warga yang berada di sepanjang Kampung Pesisir Desa Pakandangan Barat. Sebagian besar pondasi rumah warga mengalami kerusakan, dan dapur milik warga juga ambruk. Tidak hanya itu, saja kandang sapi yang berada di dekat bibir pantai juga hancur.

“Tidak hanya rumah warga saja yang rusak, tapi sebagian besar perahu nelayang yang berada di bibir pantai juga rusak,” kata As’ad, warga setempat, Selasa (25/12/2018).

Lanjut As’ad, takut terjadi ombak yang lebih besar, sebagian warga terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya yang jauh dari pesisir pantai. Sebab, pada malam hari terkadang air laut masuk ke pekarangan rumah warga.

“Keluarga kami terpaksa harus mengungsi ke rumah kerabat yang jauh dari pesisir pantai, karena malam hari kadang air laut masuk ke pekarangan,” tandasnya.

Selain mengungsikan keluarganya ke rumah kerabatnya yang jauh dari pesisir pantai, warga juga bergotong royong memperbaiki rumah yang rusak akibat diterjang ombak. Bahkan, agar air laut tidak lagi masuk ke pekarangan rumahnya, warga menimbun batu karang di sepanjang pesisir pantai.

“Ya kami secara bergotong royong menimbun batu karang di sepanjang bibir pantai agar air laut tidak masuk pekarangan dan untuk menahan derasnya ombak,” ungkap As’ad.

Berdasarkan pantauan dilapangan, bangunan yang rusak di Kampung Pesisir Desa Pakandangan Barat, Kecamatan Bluto, Sumenep, ada sekitar 7 rumah warga yang rusak. Warga berharap Pemerintah segera turun tangan untuk membuat tangkis laut, sehingga saat air pasang tidak masuk ke pekarangan rumah warga dan derasnya ombak air laut juga tidak menghantam rumah warga. (Hodri)

Komentar