Hari Lebaran Ketupat, Dua Destinasi Wisata Akan Dibuka Secara Serentak

News Satu, Sumenep, Rabu 13 April 2022- Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, benar-benar serius dalam mendorong dibukanya tempat wisata yang ada di kabupaten Sumenep.

Kepala Disbudporapar, Mohammad Ikhsan menjelaskan, terkait dibukanya wisata setelah lebaran Idhul Fitri 1443 nanti, pihaknya akan membuka pesta ketupat yang akan diselenggarakan di wisata pantai Lombang dan pantai Slopeng.

“Kita akan buat pesta ketupat di dua tempat itu, (Pantai Lombang dan Pantai Slopeng),” ungkapnya, Rabu (13/4/2022).

Ikhsan juga menjelaskan, nantinya pihaknya akan mengadakan event-event di dalamnya untuk memikat pengunjung, seperti musik-musik nasional dan tradisional di pantai slopeng dan pantai lombang.

“Event-event nanti kita akan selenggarakan disana seperti musik tong-tong, jaran serek, topeng dalang dan lain-lainnya,” jelasnya.

Dari dua destinasi wisata itu pihaknya menargetkan, pantai lombang delapan puluh juta itu hanya untuk retribusi pada saat itu. Sementara untuk pantai slopeng pihaknya menagetkan tujuh puluh juta nanti pada saat perayaan hari ketupat.

Pembukaan dua wisata itu dilakukan secara serentak dengan melibatkan masyarakat sekitar untuk membantu dalam rangka penyelenggaraan event-event tersebut.

Sementara, untuk tiket masuk menggunakan manual, untuk retribusi hanya lima ribu. Dan untuk event-eventnya lima belas ribu.

Harapannya, agar semua pengunjung tetap menerapkan dan mamatuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, serta juga menjaga kebersihan lingkungan wisata, kerindangan serta keamanan.

Lebih lanjut Ikhsan menjelaskan, “Untuk pemilik obyek wisata swasta untuk tetap terus menggelar evennya. Catatannya, tetap mematuhi prokes dan ada pajak retribusi yang dibayarkan yaitu pajak tontonan, itu nanti hubungannya dengan Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sumenep (BPPKAD),” tukasnya.(Zalwi)

Komentar