Ini Hasil Tes DNA Bayi Yang Diduga Tertukar Di RSUD Sumenep

News Satu, Sumenep, Senin 8 Februari 2021 – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur menyerahkan bayi perempuan yang sebelumnya diduga tertukar hasil pernikahan Subroto (27) dan Norma Ningsih (25) warga Desa Nyabakan Barat, Kecamatan Batang-Batang, pada hari Senin (8/2/2021).

Sebelumnya bayi cantik tersebut, lahir pada hari Jumat (13/11/2020) di rumah sakit secara normal. Diketahui bayi tersebut diduga tertukar pada hari Minggu (15/11/ 2020).

Akhirnya, Subroto pada hari Senin (16/11/2020) bersama keluarganya mendatangi ke Polres Sumenep, untuk melaporkan atas kejadian itu. Kemudian, pada hari Selasa (1/12/2020) pihak kepolisian Polres Sumenep dibantu Polda Jatim melakukan langkah pengambilan sampel DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) dari orang tua dan bayinya.

Baca Juga :  Pasca Cuti Lebaran, RSUDMA Sumenep Terus Maksimalkan Pelayanan Pada Pasien

“Pada tanggal 05 Februari 2021, RS Bhayangkara Polda Jatim melakukan pengambilan hasil tes DNA dengan kesimpulan bayi tersebut identik dengan kedua orang tuanya,” terang AKBP Darman, Senin (8/2/ 2021).

Sementara itu, Direktur RSUD Moh. Anwar Sumenep, dr. Erliyati menyampaikan terima kasih kepada Polres Sumenep serta pihak keluarga bayi, karena mau menerima langsung bayinya tersebut.

“Alhamdulillah keluarganya mau menerima langsung bayinya dan rumah sakit sebenarnya siap kapan saja untuk diambil bayinya,” katanya seusai penyerahan bayi tersebut.

Menurutnya, kejadian dugaan bayi tertukar tersebut hanya merupakan kecurigaan keluarga sang bayi. “Sebenarnya tidak terjadi apa-apa, jadi itu namanya sudah musibah. Semua rumah sakit itu menggunakan SOP,” tandasnya.

Baca Juga :  Cegah Infeksi, RSUD Moh Anwar Sumenep Gelar In House Training

Disisi lain, Orang tua bayi cantik tersebut, Subroto (27) membenarkan terhadap hasil Tes DNA tersebut, yang menunjukan bahwa bayi itu tidak tertukar.

“Betul anak saya. Semoga menjadi anak yang Sholehah, namanya Elisatul Jannah. Kemudian Hasil Tes DNA hasilnya itu pak, itu benar. Keluarga sudah menerima hasilnya,” pungkasnya. (Hanif)

Komentar