oleh

Ini Tips Puasa Tetap Bugar Dari Ahli Gizi RSUD Moh Anwar Sumenep

News Satu, Sumenep, Jumat 15 Mei 2020- Ahli gizi Rumah Sakit Umum dr. Moh. Anwar (RSUDMA) Sumenep, Jawa Timur, Ratri Purwani memberikan tips bagi umat muslim agar tetap bugar di bulan puasa.

Menurut Ratri Purwani, ada lima tips berpuasa supaya tetap bugar, diantaranya adalah pertama dengan memilih makanan berkarbohidrat kompleks saat menyantap sahur. Karena makanan dengan bahan itu dicerna lebih lama sehingga tidak mudah lapar. Lalu hindari masakan berbahan seperti gula, selai dan bahan-bahan lainnya.

“Kedua yakni dengan mengkonsumsi sayur dan buah saat buka dan sahur, karena itu merupakan bagian menjaga agar tubuh tetap sehat selama seharian tidak mengkonsumsi apapun,” katanya, Jumat (15/5/2020).

Ketiga yakni dengan cara mengurangi konsumsi makanan mengandung lemak dan santan. Lalu yang ke empat minumlah air putih secukupnya. Terakhir hindari minum kopi dan minuman bersoda, karena akan membuat perut kembung.

Jika ada asumsi bahwa dalam melaksanakan ibadah puasa cenderung membuat tubuh lemas dan kurang kekuatan, Ratri justru menepis hal itu. Menurutnya, itu termasuk alasan orang-orang pemalas.

“Banyak yang belum mengetahui bahwa puasa adalah waktu untuk detoks atau pembersihan seluruh anggota tubuh dari racun. Dalam ilmu kedokteran, waktu berpuasa itu sangat baik untuk membunuh racun, sehingga makanlah dengan makanan yang sehat,” imbuhnya. (Hasan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.