Komisi II DPRD Sumenep Gagas Raperda Nelayan

News Satu, Sumenep, Rabu 29 April 2020- Tidak adanya perlindungan terhadap nelayan, nampaknya menggugah anggota DPRD Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Bahkan, Komisi II DPRD Sumenep, pada tahun 2020 ini, menggagas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kesejahteraaan dan Perlindungan nelayan.

Ketua Komisi II DPRD Sumenep, H. Subaidi mengatakan, masyarakat di bumi sumekar ini, sebagian besar juga adalah nelayan. Oleh karena itu, harus ada regulasi yang jelas untuk melindungi para nelayan.

“Kami memang menginisiasi Raperda tersebut,” katanya, Rabu (29/4/2020).

Dalam Raperda ini akan mengatur perlindungan terhadap para nelayan, mulai dari adanya asuransi dan juga jaminan kesehatan dari BPJS.

“Di tengah kesibukan dan keterbatasan ekonomi, menjadi kecil kemungkinan mereka akan mendapatkan itu semua, tanpa adanya perlindungan,” tandansya.

Baca Juga :  4 Warga Sumenep Positif Covid-19

Lanjut Politisi PPP Sumenep ini, denganh adanya Perda tentang Kesejahteraaan dan Perlindungan nelayan, maka Pemerintah Daerah harus benar-benar memperhatikan nasib para nelayan.

“Ketika regulasi sudah hadir, pemerintah tidak boleh menolak,” tegasnya.

Ia menambahkan, pihaknya masih mengumpulkan referensi dalam menyusun Raperda tersebut sebagai kajian akademik. Bahkan,  Pihaknya sudah mengunjungi beberapa daerah yang telah menerapkan Perda masalah nelayan, seperti Badung, Bali dan Kota Surabaya.

“Semoga tidak ada kendala, tahun 2020 ini sudah terbentuk Perda tersebut,” pungkasnya. (Hasan)

Komentar