KPU Sumenep Minta Masyarakat Dukung Kegiatan Pentarlih

News Satu, Sumenep, Kamis 16 Februari 2023- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk mendukung para petugasn Pemutakhiran Data Pemilih (Pentarlih) dalam melasaknakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih pada Pemilu 2024.

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Sumenep Rafiqi mengatakan, Pantarlih hanya bertugas mencocokkan data pribadi masyarakat sebagai pemilih pada Pemilu 2024, dengan menunjukkan KK dan KTP saja.

“Pantarlih hanya mencocokkan data pemilih Pemilu 2024, bukan mengambil atau meminta data pribadi. Masyarakat cukup menunjukkan KK dan KTP saja,” katanya, Kamis (16/2/2023).

Ia menambahkan, selama Pantarlih melakukan Coklit, ada sebagian warga yang tidak mau memberikan data pribadinya walaupun hanya ditujukkan saja. Hal itu berkaitan dengan adanya Permendagri Nomor 102, sehingga tugas Pantarlih sedikit tersendat.

“Beberapa warga enggan menemui Pantarlih dan tidak berkenan ketika diminta memperlihatkan dokumen pribadinya seperti KK dan KTP. Ini kan keliru pemahaman,” tandasnya.

Menurut Rafiqi, perlu adanya pemahaman kepada masyarakat untuk meminimalisir salah tanggap ketika Pantarlih mengunjungi rumah warga untuk melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit).

“Kami berharap masyarakat mau membantu serta mendukung tugas Pantarlih menyelesaikan tugasnya melaksanakan tugas negara untuk mendata pemilih demi kelancaran Pemilu 2024,” pungkasnya. (Zalwi)

Komentar