Krisis Pangan, Kadin Sumenep Sarankan Pemkab Buat Gudang Logistik Di Kepulauan

News Satu, Sumenep, Jumat 3 Maret 2023- Terjadinya krisis pangan di Kepulauan Masalembu, membuat Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumenep, Jawa Timur, Khairul Anwar, menyarankan Pemkab setempat segera membuat Gudang Logistik di Kepulauan.

Krisis pangan yang dialami warga Kepulauan Masalembu, Sumenep, karena tidak adanya kapal pengangkut sembako yang berlayar ke kepulauannya sejak 2 pekan, akibat tingginya gelombang atau terjadi cuaca buruk, serta adanya badai.

“Krisis pangan yang dialami warga Kepulauan Masalembu Sumenep akibat cuaca ekstrim, hendaknya menjadi pelajaran penting bagi semua pihak terutama pemangku kebijakan di Pemerintah Daerah untuk antisipatif kedepan dengan membangun gudang penyangga,” kata Ketua Kadin Sumenep, Khairul Anwar, (3/3/2023).

Biasanya, kebutuhan masyarakat di Masalembu dikirim melalui Kapal dari Sumenep daratan. Namun, krisis pangan akhirnya teratasi setelah Pemprov Jawa Timur bersama TNI AL mengirim bantuan logistik menggunakan Kapal perang. Pemkab Sumenep juga menyalurkan bantuan melalui Kapal perintis setelah cuaca kembali stabil.

“Upaya Pemprov dan Pemkab termasuk TNI AL mengirimkan bantuan berbagai jenis pangan untuk membantu warga terdampak di Masalembu tentu patut diapresiasi. Namun, tidak sekedar itu sebenarnya yang perlu dilakukan, tapi upaya jangka panjangnya,” tandasnya.

Bantuan yang diberikan pada saat ini, sifatnya hanya jangka pendek. Namun, Pemkab Sumenep harus memikirkan untuk jangka panjangnya, sehingga tidak lagi terjaDinsosdi kelangkaan atau krisis sembako pada saat terjadi cuaca buruk di Kepulauan.

“Jadi jangka panjang harus dipikirkan, sehingga tidak ada lagi krisis pangan yang terjadi di Kepulauan-kepulauan Sumenep, dengan membuat gudang logistik atau penyangga di setiap Kecamatan Kepulauan Sumenep,” pungkasnya. (Roni)

Komentar