Mahfud MD Bersama Puluhan Ribu Warga Sumenep Gelar Istighosa Kebangsaan

News Satu, Sumenep, Sabtu 18 November 2023- Menteri Koordinator Politik dan Keamanan Republik Indonesia (Menkopolhukam) Mahfud MD, bersama puluhan ribu warga Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Istighosa Kebangsaan do GOR A. Yani, Sabtu (18/11/2023).

Dalam Istighosa Kebangsaan tersebut, nampak hadir Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah, Bupati Trenggalek Mohammad Arifin, serta sejumlah pengasuh pondok pesantren di Madura.

Kedatangan Menkopolhukam Mahfud MD, disambut dengan gema sholawat. Acara pembukaan Istighasah Kebangsaan melibatkan pembacaan surat Al-Fatihah dan ayat suci Al-Qur’an, diikuti dengan nyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan istighasah, di mana warga dan ulama bersama-sama berdoa dengan khusyuk untuk kemaslahatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Di orasi kebangsaannya, Mahfud MD mengajak para hadirin untuk melantunkan selawat thibbil qulub dan memimpin puluhan ribu warga menyanyikan lagu-lagu Madura, yaitu Tandhuk Majheng, Ngapote, dan Pajjar Lagghu.

“Terbukti saya orang Madura, kan? Bisa bahasa Madura, bisa nyanyi lagu Madura, dan orang Madura juga suka membaca salawat,” katanya.

Lanjut Mahfud MD yang kini mencalonkan diri sebagai Cawapres dari Ganjar Pranowo, juga menyoroti berbagai permasalahan yang sedang dihadapi bangsa ini. Karena itu dia berharap lewat doa bersama seperti bangsa ini selalu diberikan keselamatan.

“Malam ini kita istigasah untuk keselamatan bangsa. Bangsa kita sedang menghadapi banyak permasalahan, dan melalui doa, semoga kita dapat melakukan sesuatu agar bangsa kita selamat,” tandasnya.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, tujuan acara ini adalah berdoa bersama demi keselamatan bangsa dan negara.

“Malam ini begitu luar biasa, 3 kekuatan hadir, ada umarah, ulama, dan masyarakat untuk mendoakan Indonesia agar terus maju ke depannya,” pungkasnya. (Robet)

Komentar