OSN MIPA: Ratusan Siswa SD Di Sumenep Berebut Tiket Melaju Ke Jatim

OSN MIPA: Ratusan Siswa SD Di Sumenep Berebut Tiket Melaju Ke Jatim
OSN MIPA: Ratusan Siswa SD Di Sumenep Berebut Tiket Melaju Ke Jatim

News Satu, Sumenep, Kamis 14 Maret 2019- Peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim), terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) setempat. Bahkan, untuk menguji tingkat kemampuan para siswa, Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep menggelar lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) mata pelajaran Matematika dan IPA (MIPA), tingkat Sekolah Dasar dan sederajat tahun 2019.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, seleksi Olimpiade Nasional yang diikuti oleh para pelajar perwakilan dari masing-masing Sekolah di Kabupaten Sumenep, baik dari wilayah Kepulauan maupun Darata digelar mulai tanggal 14 hingga 15 Maret 2019.

“Kegiatan dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat Kecamatan hingga Nasional,” ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Dr. Muhammad Saidi, M.Pdi, Kamis (14/3/2019).

Ia menjelaskan, seleksi terhadap para siswa di masing-masing Sekolah di tingkat Kecamatan sudah dilakukan dan menetapkan 3 siswa terbaik dari mata pelajaran (Mapel) Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kemudian para siswa yang dinyatakan lolos tersebut akan kembali mengikuti selksi di tingkat Kabupaten.

“Hari ini, Kamis (14/3/2019) hingga besok, Jumat (15/3/2019) sebanyak 75 siswa dari mata pelajaran Matematika dan 75 siswa dari mata pelajaran IPA akan mengikuti OSN,” tandasnya.

Lanjut Saidi, setelah dilakukan seleksi terhadap siswa berbakat ini, maka akan ditetapkan pemenang juara 1 hingga 3. Selain itu pula, ada 3 siswa akan ditetapkan sebagai juara harapan dari masing-masing mata pelajaran. Oleh karena itu, pihaknya akan mengambil 30 siswa terbaik untuk dimasukkan dalam nominator dan mendapatkan pembinaan secara intensif untuk mengikuti OSN MIPA di Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada tanggal 28 Maret 2019.

Dengan seleksi yang cukup ketat ini, Saidi optimis pada saat pelaksanaan lomba OSN MIPA tingkat Jawa Timur (Jatim) siswa-siswi terbaik utusan Sumenep akan mampu membawa nama baik daerahnya dengan keluar sebagai juara. Sebab, pada tahun 2018, siswa-siswi dari ujung timur pulau garam Madura ini mampu meraih medali perunggu atau peringkat ketiga (3) di tingkat Nasional.

“Tahun 2018, kita berhasil meraih medali perunggu pada tingkat Nasional, dan tahun 2019 ini, saya optimis mereka akan meraih juara satu (1), atau minimal juara dua (2). Keyakinan itu, karena saya melihat siswa-siswi di Sumenep sangat pintar-pintar,” tuturnya.

Sementara, lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2019  yang digelar mulai Kamis (14/3/2019) adalah tes tulis berupa soal multiple choice dan essay. Sedangkan, untuk tes eksperimen dan eksplorasi akan digelar pada Jumat (15/3/2019). Kegiatan tersebut dilakukan sesuai dengan panduan teknis yang telah ditatapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). (Ifa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.