oleh

Pendidikan Sumenep Berbasis IT Dan Akhlakul Karimah???

News Satu, Sumenep, Sabtu 4 Mei 2019- Penggunaan teknologi dalam proses Pendidikan sudah menjadi kebutuhan yang mendasar. Negara-negara dengan sistem Pendidikan terbaik saling bersaing dalam menciptakan dan mengembangkan teknologi untuk menunjang proses Pendidikan.

Kepala Dinas Penddidikan (Disdik) Sumenep, Drs. Bambang Irianto, M.Si mengatakan, pada sistem Pendidikan Berbasis IT ini, Tenaga pendidik sudah di tuntut untuk menggunakan media video, digital audio dan e-book dalam membuat tutorial pembelajaran. Tutorial yang dimaksud bukan hanya mengenai materi seperti penggunaan software. Materi-materi pelajaran juga dijelaskan dengan memanfaatkan visualisasi materi berupa video, audio dan gambar (image).

“Media tutorial bisa didistribusikan dengan mudah melalui media elektronik seperti komputer dan gadget. Tutorial yang dibuat menjadi produk digital dapat menggantikan cara mengajar konvensional dimana guru menerangkan di depan kelas dan menjadikan papan tulis sebagai satu-satunya alat peraga” katanya, Sabtu (4/5/2019) pada newssatu.com.

Ia menerangkan, dengan teknologi media tutorial, kebutuhan pendidik untuk proses mengajar dapat lebih terpenuhi dan membantu murid menangkap isi materi pelajaran lebih mudah.

“Hal ini dikarenakan media tutorial dapat menggunakan bantuan software komputer untuk membuat contoh-contoh, gambar-gambar, simulasi-simulasi materi pelajaran agar lebih jelas dan lengkap,” ujarnya.

Lanjut, Bambang Irianto, penggunaan teknologi komunikasi adalah salah satu faktor penting untuk memperlancar komunikasi antar individu dalam proses Pendidikan. Contoh teknologi komunikasi termasuk handphone, gadget dan internet yang didalamnya terdapat aplikasi-aplikasi yang berfungsi untuk chat, SMS, video conference, mailing list dan sebagainya.

Lanjut Membaca: Fungsi Media Sosial Bagi Guru Dan Siswa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.