Seragam Gratis Siswa SD, Disdik Sumenep Gandeng Penjahit Lokal

News Satu, Sumenep, Rabu 29 Juni 2022- Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui Dinas Pendidikan meluncurkan Program seragam gratis bagi siswa SD dan MI. Program tersebut tidak lain untuk meringankan beban wali murid atau siswa. Dalam program seragam gratis bagi siswa ini, rencananya Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep akan menggandeng para penjahit lokal.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, Agus Dwi Saputra mengatakan, seragam gratis yang akan diberikan kepada siswa baru bukan produk pabrikan, melainkan seragam yang diproduksi oleh penjahit lokal Sumenep.

“Kami bisa saja langsung memesan ke pabrikan. Tetapi karena ini Pak Bupati semangatnya untuk memberdayakan ekonomi masyarakat warga Sumenep, maka kami menggandeng para penjahit lokal untuk memproduksi seragam gratis ini,” katanya, Rabu (29/6/2022).

Langkah pertama yang dilakukan Dinas Pendidikan, yakni mendata sejumlah penjahit lokal yang ada di pedesaan atau di sekitar lembaga pendidikan yang siswa-siswinya akan dibantu.

“Kami sedang melakukan pendataan para penjahit lokal yang akan ikut berpartisipasi dalam program seragam gratis ini,” ujarnya.

Agus berharap dalam waktu dekat ini program seragam gratis bisa cepat terealisasi. Mengingat bulan Juli 2022 sudah masuk tahun pelajaran (Tapel) baru 2022-2023.

“Sebentar lagi sudah proses tender, semoga data penjahit segera rampung. Sebab kita membutuhkan banyak penjahit agar cepat selesai,” tandasnya.

“Jadi silakan yang punya keahlian menjahit silahkan mendaftar langsung ke Dinas Pendidikan,” pungkasnya.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi, memprogramkan seragam gratis bagi siswa baru tingkat SD dan MI tapel 2022-2023 melalu Dinas Pendidikan Sumenep dengan anggaran Rp3 Miliar dari APBD Sumenep tahun 2022. (Zalwi)

Komentar