oleh

Kapal Motor Kamaru Kandas Di Perairan Pulau Kalosot Sumenep

News Satu, Sumenep, Senin 11 September 2017- Kapal Motor (KM) Kamaru mengalami kandas di perairan Pulau Kalosot, Desa Brakas, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (11/9/2017). Kandasnya kapal pengangkut barang tersebut disebabkan karena kondisi cuaca ekstrim yang melanda perairan Sumenep.

Berdasarkan informasi dari aparat kepolisian setempat, KM Kamaru diketahui bermuatan nekel sebanyak 717.400 ton dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kapal tersebut dinahkodai oleh Yohanes CH Dhai dan membawa 11 anak buah kapal (ABK).

“KM Kamaru kandas di atas karang. Sehingga tidak bisa bergerak untuk sementara waktu,” kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Suwardi, Senin (11/9/2017).

Ia menjelaskan, kapal bermuatan nekel tersebut berangkat dari Pelabuhan Pomala Kolaka, Provinsi Kendari, pada Kamis (7/9/2017) lalu dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Namun karena cuaca ekstrim, KM Kamaru mencoba menepi di perairan Pulau Kalosot dan kandas di atas karang.

“Sebelumnya KM Kamaru dikabarkan bocor, tapi setelah dilakukan pengecekan ternyata hanya kandas saat mau menepi,” ungkapnya.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Nahkoda beserta 11 ABK yakni Ardiyono R.E, La Nana, Zainal Arifin, Dwi Arifianto, Sabaini, Hamudin, Ramli, Jafar, Alfado Gani, Novi Widodo, dan Rusia dinyatakan selamat. Direncanakan, kapal tersebut akan kembali berlayar saat air laut sedang pasang.

“Rencananya malam ini kapal akan kembali berlayar menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,” imbuhnya. (Ozi)

Komentar