Tes CPNS Kabupaten Sumenep, 51 Orang Dianggap Penuhi Passing Grade

Tes CPNS Kabupaten Sumenep, 51 Orang Dianggap Penuhi Passing Grade
Tes CPNS Kabupaten Sumenep, 51 Orang Dianggap Penuhi Passing Grade

News Satu, Sumenep, Rabu 7 November 2018- Memasuki sesi ke 8 dalam tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) ada 51 orang yang dinilai telah memenuhi Passing Grade atau Ambang Batas. ke 51 orang tersebut, yakni 5 orang dari formasi umum, dari Kategori dua (K2) ada 40 orang, dan dari formasi Comlaud sebanyak 6 orang.

“Setiap hari ada 3 sesi dengan 90 peserta yang ikut tes, dan pada sesi ke 8 ini ada 5 orang yang memenuhi ambang batas atau Passing Grade dari formasi umum,” kata Kepala Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Sumenep, Titik Suryati, Rabu (7/11/2018).

Ia mengatakan, para peserta yang dinyatakan lulus dalam tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), peserta CPNS formasi umum harus memenuhi passing grade 298 dari tiga bidang yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 143, Tes Intelegensia Umum (TIU) 80 dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75.

“Secara total nilainya harus memenuhi ambang batas, namun jika di masing-masing bidang tidak memenuhi, maka percuma dan tidak bisa masuk,” tandasnya.

Titik Suryati merinci, peserta tes dari formasi K2 ada 40 peserta yang dinilai telah memenuhi ambang batas, sedangkan dari dari formasi comlaud ada 6 orang.

“Jadi totalnya ada 51 orang,” ungkapnya.

Ia menambahkan, jika tidak ada perubahan dalam aturan, maka semua peserta yang lulus akan sediikit karena tidak memenuhi target yang telah ditetapkan. Namun jika ada perubahan aturan, seperti penurunan Passing Grade atau Ambang Batas, karena banyak peserta yang tidak memenuhi Passing Grade.

“Saya harap ada perubahan dalam aturan dari Kementerian Menpan RB agar formasi tetap terpenuhi, sebab jika tidak ada perubahan dalam aturan tersebut, maka akan sangat sedikit yang akan lulus,” tandasnya.

Sementara, berdasarkan data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep, jumlah perta tes CPNS 2018 sebanyak 1.943 orang. Formasi yang tersedia sebanyak 372, dengan rincian guru K2 sebanyak 163 orang, guru non K2 40 orang, tenaga kesehatan 125 formasi dan tenaga teknis 44. (Roni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.