KASAD Suntik Energi Pemprov, Lawan Covid-19 di Jawa Timur

News Satu, Surabaya, Sabtu 5 September 2020- Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus memperkuat konsolidasi guna menekan penyebaran Virus Corona. Selain ini juga upaya pemulihan ekonomi di Jawa Timur menjadi prioritas.

Untuk itu secara khusus, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dan Wakapolri Komjen Pol. Dr. Gatot Eddy Pramono, M. Si yang juga, selaku Wakil Ketua I dan II Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) berkunjung ke Gedung Negara Grahadi Surabaya, kemarin.

Kehadiran kedua jendral di Grahadi ini, diterima langsung Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, bersama Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak. Turut nyambut juga dalam acara tersebut, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia IDI, perwira tinggi dari Markas Besar TNI AD, Markas Besar Polri, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, serta Sekdaprov Jatim.

Khofifah mengatakan, bahwa kedatangan KASAD dan Wakapolri ini untuk memperkuat konsolidasi. Serta menguatkan sinergitas antar lembaga di daerah dalam pengendalian Covid-19 dan upaya percepatan pemulihan ekonomi di seluruh pelosok Jawab Timur.

Dalam pertemuan tersebut, Juga diungkapan bahwa per 2 September 2020, jumlah kesembuhan di Jatim sangat signifikan yakni, mencapai 26.777 orang atau jika dipersentase sekitar 78,13 persen.

“Angka tersebut tercatat sebagai capaian prosentase kesembuhan tertinggi di Pulau Jawa. Bahkan secara global dinilai lebih tinggi dari jumlah pencapaian nasional yang hanya mencapai 71,9 persen”, kata Khofifah, Sabtu (5/9/2020).

Tidak hanya itu, berdasarkan hasil survei sebuah lembaga bernama, Indopol pada kurun waktu 23-28 Juli 2020. Mayoritas masyarakat Jatim atau sebanyak 75 persen warga mengapresiasi kinerja Pemprov dalam menangani Covid-19. Mereka mengaku terkesan dan mengapresiasi upaya gigih di semua lini. Baik dengan pesan terkait kepatuhan terhadap protokol kesehatan, maupun gerakan preventif lainnya.

Sementara itu, KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, bahwa kunjungan ini juga dilakukan ke beberapa provinsi lain. Itu, untuk mendapat masukan terkait penanganan Covid-19 di berbagai daerah sehingga apa yang dilakukan akan komperhensif dan sinergis.

Sedangkan, Wakapolri Komjen Pol. Dr. Gatot Eddy Pramono, M. Si, selalu mengingatkan pentingnya penggunaan masker. Sebab sebagai upaya dini memutus mata rantai penyebaran Covid-19 untuk masa sekarang ini, hanyalah bermasker.

“Selain itu, Kami selalu mengingatkan pentingnya penegakan disiplin terutamaberbasis  komunitas, karena lebih efektif dan efisien,” tandasnya. (Yud)

Komentar