oleh

Kota Surabaya Punya Taman Hutan Raya Baru

News Satu, Surabaya, Jumat 20 November 2020- Memberikan ruang terbuka hijau diperkotaan merupakan upaya menjaga kesehatan dan kenyamanan masyarakat perkotaan. Sehingga pola hidup sehat dan polusi yang dihasilkan dinetralkan melalui pola alami.

Salah satunya, dengan adanya Taman Hutan rakyat atau Tahura yang berlokasi di kawasan perkotaan. Yakni seperti yang baru diresmikan di daerah Lempung, Surabaya, Jawa Timur yang memiliki luas 1,9 hektar.

Nampak di lokasi ini, banyak memiliki mini bozem dan beberapa tanaman togagang sengaja ditanam sebagai tanaman obat tradisional nanti. Bahkan, tanaman produktif seperti sorgum, sukun hingga, mangga juga ada taman yang baru diresmikan Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Kamis kemarin.

“Beberapa tahun lalu saya pergi ke sini mendapat keluhan warga yang kena banjir di kawasan ini. Sehingga saya putuskan membuat waduk kecil untuk menampung air,” kat Risma pada mediadi Surabaya, Jumat (20/11/2020) pagi.

Sebagaimana yang diketahui bahwa Tahura Lempung merupakan salah satu dari 10 tahura yang ada di Surabaya. Sehingga dapat menunjang kadar oksigen kota lebih baik lagi ditengah serbuan polusi udara kota yang semakin meningkat.

“Yang spesial, tahura ini juga menjadi tempat beternak sekitar 2.000 ayam petelur. Sehingga lebih lengkap konsepnya untuk masyarakat,” imbuhnya.

Taman Tanaman ini sudah dibuka untuk umum. Harapannya, dengan begitu, perekonomian warga Lempung bisa terangkat. Seiring dengan perkembangan dan kunjungan masyarakat ke lokasi ini.

“Sehingga tidak hanya income bertambah, tapi warga juga bisa belajar bercocok tanam di lokasi itu, sebagai laboratorium alam juga,” tuturnya. (Yud)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.