oleh

Pemprov Jatim, Gelontorkan Bantuan Bencana Gunung Semeru

News Satu, Surabaya, Jumat 4 Desember 2020- Aktifitas gunung Semeru yang terletak di wilayah Kabupaten Lumajang baru baru ini mengalami erupsi. Bahkan ada beberapa wilayah yang diguyur lahar dingin dan awan panas terutama di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Melihat kondisi tersebut, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengambil langkah cepatdan tanggap. Orang nomor satu di Jatim itu langsung memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Provinsi Jatim dan Dinas Sosial Provinsi Jatim untuk mengirimkan bantuan. Tak hanya itu, kebutuhan tenaga, peralatan maupun logistik untuk penanganan warga terdampak erupsi termasuk para pengungsi, juga diperhatikan.

Selain tenda dan light tower penerangan dari BPBD Jatim, dirinya juga memerintahkan untuk segera mengirimkan bantuan berupa sembako bagi para pengungsi.

“Segala kebutuhan sesuai asesment di lapangan harus terpenuhi dan segera didistribusikan ke lokasi,” ujarnya pada media di Surabaya, Jumat (4/12/2020) pagi.

Bantuan tersebut terdiri dari sejumlah 1 ton beras dengan 500 dos mie instan dan 200 liter minyak goreng sebagai kebutuhan dasar dalam pemenuhan pangan. Lalu juga ada paket tambahan untuk pemenuhan gizi 120 paket, dan berupa lauk pauk sejumlah 120 paket.

“Instansi terkait, seperti Dinas Sosial pun diharapkan berperan dalam penanganan dampak erupsi tersebut,” ungkapnya.

Instansi tersebut mengirimkan dukungan peralatan dan bantuan logistik taktis ke lokasi. Itu berupa tenda pengungsi 2 unit, famili kit 50 paket, kid ware 50 paket, food ware 50 paket, perlengkapan dapur keluarga 50 paket, paket sandang 50 paket, serta kasur 30 buah.

“Semoga bermanfaat dan segera didistribusikan kepada Korban dan wilayah terdampak. Itu selain bantuan dari pemerintah pusat melalui BNPB yang memberikan berbagi bantuan dari logistik hingga dana tunai,” pungkasnya. (Yud)

Komentar