Musim Hujan, TNI Tulunggaung Berantas Nyamuk Demam Berdarah

News Satu, Tulungagung, Kamis 6 Desember 2018- Wilayah Tulungagung sejak beberapa minggu ini tengah mengalami hujan yang turun hampir setiap hari sehingga membuat udara menjadi lebih sejuk dan nyaman. Tapi tanpa disadari ada sebuah ancaman yang datang pada musim hujan, yakni nyamuk demam berdarah.

Yang pasti menjadi perhatian utama bagi kita adalah serangan nyamuk Aedes aegypti. Mengingat pada musim hujan nyamuk penyebar wabah penyakit ini perkembangbiakannya semakin pesat. Gigitan jenis nyamuk ini merupakan media penularan virus dengue yang menjadi penyebab demam berdarah dengue (DBD). Telur nyamuk Aedes akan menetas jika terkena air. Inilah mengapa DBD biasanya merebak saat musim hujan.

Babinsa Desa Kalangan Peltu Widanardju anggota Koramil 0807/05 Ngunut Kodim Tulungagung melaksanakan pendampingan dengan dinas kesehatan Ngunut dalam melakukan pengasapan atau fogging menghadapi musim penghujan yang banyak nyamuk di Desa Kalangan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung,  Jawa Timur (Jatim).

“Pelaksanaan fogging pada dilakukan untuk menekan perkembangbiakan nyamuk di wilayah Desa Kalangan,” katanya, Kamis (6/12/2018).

Lanjut Peltu Widanardju, Fogging yang dilakukan menggunakan alat sederhana dengan obat menggunakan bahan insektisida untuk membunuh nyamuk dewasa penyebab demam berdarah dengue. Walaupun menggunakan alat yang sederhana, jika dilakukan dengan benar cara ini dapat bermanfaat untuk membunuh nyamuk.

“Saya himbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan setelah dilakukannya pengasapan,” himbaunya.

Menurutnya, mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Oleh karenanya warga binaannya harus selalu memperhatikan lokasi dan bejana yang mungkin menjadi tempat nyamuk untuk berkembang biak baik karena kelembapan udara dan lainnya.

“Tak terkecuali jika bak mandi dan saluran air tidak rajin dibersihkan,” tandasnya. (Pen)

Komentar