Lebaran Ketupat, Nelayan Di Bangkalan Gelar Lomba Perahu Hias

News Satu, Bangkalan, Rabu 17 April 2024- Dalam momentum lebaran ketupat, nelayan di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, menggelar lomba  perahu hias dan tradisi naik perahu gratis di perairan Kamal.

Namun, untuk memastikan keselamatan dan mengantisipasi kemungkinan kejadian yang tidak diinginkan, Kapolres Bangkalan, Polda Jatim, AKBP Febri Isman Jaya telah melakukan pengerahan pasukan untuk melakukan pengamanan, yakni dari Polsek Kamal, dan anggota, serta Satpolairud Polres Bangkalan.

“Lomba hias perahu sudah menjadi bagian dari tradisi tahunan saat Lebaran Ketupat. Namun, kami juga perlu memastikan bahwa perahu-perahu gratis yang disediakan oleh nelayan tidak mengganggu lalu lintas kapal Ferry Kamal-Ujung Surabaya,” jelas Kapolres Bangkalan, Rabu (17/4/2024).

Dalam arahannya, Febri menekankan perlunya pengawasan ketat untuk memastikan keamanan dalam setiap aspek kegiatan tersebut. Dia juga mengingatkan agar warga yang merayakan Lebaran Ketupat di tengah laut untuk selalu mengutamakan keselamatan bersama.

“Kami berharap agar tidak ada kecelakaan di laut. Oleh karena itu, kami meminta agar kapasitas perahu tidak dipaksakan. Ini juga menjadi tanggung jawab Satpolairud yang melakukan patroli di tengah laut untuk menjaga keselamatan masyarakat,” imbuh Febri.

Semangat tradisional yang kental, disertai dengan upaya menjaga keselamatan, menjadikan perayaan Lebaran Ketupat di Bangkalan momen yang berkesan bagi semua yang terlibat. (Beni)

Komentar