oleh

Ratusan Bacakades Mengikuti Tes Tulis Di Empat Lokasi

News Satu, Bondowoso, Rabu 13 Oktober 2021- Jelang pilkades serentak, Ratusan bakal calon kepala desa di Bondowoso, Jawa Timur, mengikuti tes tulis. Tes tersebut menjadi bagian tahapan dalam Pilkades Serentak Tahun 2021.

Ketua Pilkades tingkat kabupaten, Mahfud Junaidi mengatakan, peserta awal Cakades sebanyak 600 gugur dua menjadi 598.

“Namun setelah verifikasi lebih lanjut, yakni verifikasi faktual sampai hari ini jadi 501. Artinya sebanyak 97 tidak lulus verifikasi dan tidak mengumpulkan,” katanya.

Menurutnya, lokasi tes dibagi menjadi empat titik. Yakni di ruang Shababina 1, Shababina 2 Pemkab Bondowoso, GOR Pelita dan Aula SKB. Untuk pelaksanaan tes dimulai hari ini, Rabu (13/10/2021) sampai dengan Kamis besok.

“Setiap hari ada dua sesi, setiap lokasi 40 peserta. Karena disesuaikan denga PPKM yang masih level 3,” jelasnya.

Sementara, kandungan materi tes ada tiga. Yakni pengetahuan umum, pengetahuan agama, dan bahasa.

“Setiap materi rata-rata diberi waktu 45 menit. Masing-masing 50 soal sehingga ada 150 soal,” terangnya, Rabu (13/10/2021).

Menurutnya, tidak ada minimum nilai yang harus dicapai agar mereka lulus tes tulis, karena di regulasinya memang tidak ada. Yang paling penting penetapan calon masing-masing desa maksimal lima. Maka jika Cakadesnya lebih dari lima, ada yang harus tereliminasi sesuai dengan rangking hasil tes.

Namun meskipun bakal calon dibawah lima, pihaknya tidak memastikan lolos. “Kita lihat prosesnya juga. Namun sepanjang dia mengikuti dan mengisi dengan benar, Insyaallah lolos,” katanya.

Hasil tes nantinya diketahui maksimal Tanggal 25 Oktober, karena Tanggal 26 harus sudah diumumkan oleh panitia desa.

“Setelah tahapan tes tulis ini kalau hasilnya sudah ketemu, kita buatkan keputusan yang nantinya menjadi landasan pantia untuk menetapkan bakal calon menjadi calon,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 171 desa di Kabupaten Bondowoso bakal menggelar Pilkades Serentak Tahun 2021. Kini sudah masuk tahapan tes tulis calon kepala desa.(Rokib)

Komentar