Dispertan Bondowoso Kembali Laksanakan Geltek 2019

News Satu, Bondowoso, Selasa 30 April 2019- Untuk meningkatkan mutu pertanian yang ada di Kabupaten Bondowoso, Dinas Pertanian menggelar ‘Gelar Teknologi’ (Geltek) 2019.

Acara yang dilaksanakan oleh Pemkab Bondowoso ini sudah memasuki tahun ke 4. Kegiatan ini bertujuan agar pengetahuan masyarakat di bidang pertanian semakin meningkat.

Selain peningkatan pendidikan pertanian, bisa juga dirasakan langsung oleh mahasiswa, petani dan masyarakat secara luas. Kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk mewujudkan pangan nasional .

Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin yang hadir ke lokasi tersebut sekaligus membuka acara di lahan pagelaran Geltek, Desa Kali Tapen, Kecamatan Tapen, Selasa (30/4/2019).

Dalam kesempatan itu, Bupati didampingi Ketua DPRD Bondowoso H Tohari, Kepala Dinas Pertanian Dwi Wardana, Ketua dan wakil Ketua Penggerak PKK, serta Forkopimda, memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut.

“Mudah-mudahan kegiatan ini, banyak memberikan manfaat. Sehingga hasil pertanian meningkat, ekonomi masyarakat kuat, serta Bondowoso melesat,” kata bupati saat memberikan sambutan.

Harapan bupati, acara teknologi pertanian yang diterapkan juga diinformasikan kepada Gapoktan, petani dan masyarakat luas agar menjadi referensi, untuk meningkatkan hasil pertanian kedepannya .

Menurutnya, masyarakat Bondowoso bergantung pada pertanian, sekitar 60 persen mayoritas penduduk Bondowoso memili lahan tanah persawahan dengan  kisaran 0,2 sampai 0,3 hektar, selebihnya buruh tani yang tak punya lahan.

“Tantangan pertanian ke depan lebih besar, maka dari itu perlu inovasi inovasi yang dibutuhkan petani mandiri dan inovatif, untuk akselerasi kebangkitan ekonomi, khususnya di Kabupaten Bondowoso,” jelas Bupati.

Berbagai varietas pangan baik padi, jagung, serta tanaman hortikultura, termasuk juga hewan ternak, hingga tanaman vanili, tersedia dalam Geltek Pertanian 2019 di Kabupaten Bondowoso tersebut. Selain sebagai  lahan edukasi masyarakat juga memanfaatkannya sebagai spot foto.

Yang menarik, peserta dikelompokkan menjadi beberapa kampung. Mulai Kampung Ternak, Hortikultura, Pangan, Taman, dan Kampung Perkebunan.(rkb/sgt).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.