HEADLINEJAKARTANASIONALNEWSNEWS SATUPEMERINTAHAN

Peringkat Tertinggi Indeks SPBE, Presiden Jokowi Beri Penghargaan Pada LAN

754
×

Peringkat Tertinggi Indeks SPBE, Presiden Jokowi Beri Penghargaan Pada LAN

Sebarkan artikel ini
Peringkat Tertinggi Indeks SPBE, Presiden Jokowi Beri Penghargaan Pada LAN
Peringkat Tertinggi Indeks SPBE, Presiden Jokowi Beri Penghargaan Pada LAN

News Satu, Jakarta, Selasa 28 Mei 2024- Lembaga Administrasi Negara (LAN) kembali mencetak prestasi gemilang dengan meraih peringkat tertinggi dalam Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk kategori Lembaga Pemerintah Nonkementerian (LPNK), Lembaga Nonstruktural (LNS), dan Instansi lainnya.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala LAN, Muhammad Taufiq, pada acara SPBE Summit 2024 dan Peluncuran Government Technology (GovTech) Indonesia di Istana Negara, Jakarta.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya memperkuat infrastruktur digital dan transformasi govtech untuk meningkatkan daya saing Indonesia.

“Kita harus memperkuat digital public infrastructure kita, semacam jalan tol untuk digitalisasi pelayanan publik di negara kita,” katanya, Selasa (28/5/2024).

Presiden Jokowi juga memperkenalkan, Government Technology (GovTech) Indonesia yang dinamai INA Digital, yang akan menjadi portal terintegrasi untuk berbagai layanan publik seperti pendidikan, kesehatan, izin usaha, dan perpajakan.

Peluncuran ini, menurut Presiden, adalah tahap awal dari keterpaduan layanan digital nasional yang akan terus diperbaiki dan dikembangkan secara bertahap.

“Ini adalah langkah awal, dan kita harus melanjutkan perbaikan ini secara bertahap untuk menciptakan layanan publik yang semakin baik,” tambahnya.

Sementara, Muhammad Taufiq, setelah menerima penghargaan, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pegawai dan unit kerja yang terlibat dalam pembaruan dan sinergi dalam mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi.

“Tentunya ini tidak terlepas dari semangat kami dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel sekaligus pelayanan publik yang semakin mudah, murah, dan responsif,” ungkapnya.

Taufiq juga menjelaskan bahwa penghargaan ini merupakan hasil pengukuran perkembangan penerapan SPBE oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama Tim Koordinasi SPBE Nasional, sesuai Peraturan MENPAN RB Nomor 59 Tahun 2020 tentang Pemantauan dan Evaluasi SPBE. Pengukuran ini mencakup empat domain, delapan aspek, dan 47 indikator.

“Di tahun 2023, LAN mengalami peningkatan Indeks SPBE dibanding tahun 2022, di mana saat itu LAN memperoleh nilai 3,57 dengan kategori Sangat Baik. Tahun ini, Indeks SPBE LAN mencapai nilai 4,26 dengan kategori Memuaskan, menjadi nilai tertinggi di kategori LPNK, LNS, dan Instansi lainnya,” pungkasnya.

Pengakuan ini menunjukkan komitmen LAN dalam menerapkan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi pelayanan publik, sejalan dengan upaya pemerintah untuk memperkuat daya saing digital Indonesia melalui inisiatif GovTech INA Digital. (Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.