KPU Kota Probolinggo Sosialisasikan Pemilu 2024 Dengan Pagelaran Seni

News Satu, Probolinggo, Sabtu 24 Desember 2022- Peserta parpol dan nomer urut pada saat pemilu 2024 yaitu,

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

2.Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

3.Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

4.Partai Golongan Karya (Golkar)

5.Partai Nasional Demokrat (NasDem)

6.Partai Buruh

7.Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Partai Gelora)

8.Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

9.Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)

10.Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

11.Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Partai Garuda)

12.Partai Amanat Nasional (PAN)

13.Partai Bulan Bintang (PBB)

14.Partai Demokrat

15.Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

16.Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

17.Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

Ke 17 Parpol itu disosialisasikan KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Probolinggo dengan pagelaran seni di Gedung Kesenian Kota Probolinggo tepatnya di Jl Suroyo, Sabtu (24/12/2022).

Dalam acara tersebut para Seniman ikut menampilkan karya terbaiknya, seperti Lakek Perkusi (Lareh Kebonsari Wetan) Kota Probolinggo yang membawakan lagu Probolinggo dan Tarian Kapang Mayong Pengrajeh musik tradisional.

Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri menyampaikan, bahwa kegiatan sosialisasi dengan konsep seperti ini bukan sesuatu yang tiba-tiba. Di tahun 2020-2021 melalui komunikasi intensif KPU melakukan silaturahmi dengan berbagai stakeholder, salah satunya Dewan Kesenian Kota Probolinggo, pihaknya mengganggap keberadaan seni budaya dan pegiat memiliki peran yang luar biasa.

Ahmad Hudri menambahkan, Pemilu tidak hanya pemungutan suara semata, pemilu bukan persoalan pemilihan calon anggota legislatif, presiden-wakil presiden dan kepala daerah, tetapi pemilu berbicara tentang kreativitas, kontribusi dan partisipasi segenap anak negeri untuk memastikan bahwa kedaulatannya penting dalam perjalanan membangun bangsa.

“Ternyata apa yang di tampilkan tadi, banyak pesan moral yang perlu direnungkan. Melalui gerak tari dan musik ini adalah salah satu bentuk aktif yang postif terhadap bangsa dan negara. Tidak terkecuali dalam rangka membangun demokrasi yang sehat dan kondusif. Sehingga apapun sosialisasi yang diselenggarakan KPU nantinya juga akan mennggandeng dari pihak Dewan Kesenian” ringkasnya.

Perlu diketahui, kegiatan tersebut tidak dihadiri Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin namun diwakili Asisten Administrasi Umum Gogol Sudjarwo membuka kegiatan itu. (Bambang)

Komentar