News Satu, Ogan Komering Ilir, Senin 31 Oktober 2022- Pendataan registrasi Sosial dan Ekonomi (Regsosek) tunawisma dilakukan petugas Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) secara serentak pada malam hari di sejumlah ruang publik di Kabupaten OKI.

Adapun pendataan Regsosek tunawisma difokuskan petugas BPS Kabupaten OKI antara lain di Kecamatan Lempuing, Lempuing Jaya dan Kota Kayuagung. Kepala BPS OKI, Anugrahani Prasetyowati, S.ST., M.Si mengatakan malam Regsosek bertujuan untuk mendata masyarakat yang tunawisma. Kegiatan ini dilakukan agar tidak ada masyarakat yang tidak terdata dalam Pendataan Awal Regsosek,” terang Anugrahani Prasetyowati yang akrab dipanggil Hani ini.

Dalam pendataan ini, lanjut Hani, Tim yang turun kelapangan beranggotakan seluruh pegawai BPS OKI dikawal oleh personil TNI dan Polri. Menyisir titik-titik lokasi yang sering menjadi tempat tunawisma singgah, antara lain di pasar, ruko, terminal dan ruang publik lainnya. Ditargetkan semua warga harus terdata, jangan ada yang terlewatkan,” terangnya.

Dijelaskan Hani, bahwa malam regsosek ini diperuntukkan bagi warga yang tergolong tunawisma atau mereka yang tidak bertempat tinggal dan orang-orang yang terganggu jiwanya. Malam Regsosek ini dilakukan, untuk mengetahui jumlah tunawisma yang tidak bertempat tinggal dan tidak memiliki keluarga, khususnya yang menjadi kawasan publik sebagai tempat tinggal.

“Pendataan ini dilakukan sesuai agenda Regsosek Nasional, dalam waktu semalam dengan menyisir tempat-tempat yang sering digunakan tunawisma berteduh dimalam hari antara lain, ruko, pasar, terminal,” tutupnya. (Hasan)

Komentar