Dandim 0402 OKI Resmikan Kampung Pancasila di Desa Kepahyang

News Satu, Ogan Komering Ilir, Rabu 23 Maret 2022- Dandim 0402/OKI Letkol Inf Hendra Saputra S.Sos.,M.M.,M.I.Pol meresmikan Kampung Pancasila yang terletak di Desa Kepahyang, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Rabu (23/3/2022).

Program Kampung Pancasila ini digagas oleh Bapak Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai bentuk kecintaan dan penguatan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Letkol Inf Hendra Saputra S.Sos.,M.M.,M.I.Pol menyampaikan Desa Kepahyang ini ditunjuk sebagai desa tauladan sehingga Sebelum penunjukan menjadi kampung pancasila ada kajian- kajian yang diambil dan nilai positif dari kampung tersebut.

“Pancasila yang memang sudah ada selama ini merupakan bagian dari pertahanan bangsa kita dan Pancasila merupakan ruh dan jiwa yang harus terus digaungkan di seluruh pelosok negeri,” ungkapnya, Rabu (23/3/2022)

Termasuk di seluruh wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir Dandim memastikan, selain di Desa Kepahayang, Kampung Pancasila juga dibentuk di seluruh pelosok Kabupaten OKI.

Di akhir tahun, nantinya akan diadakan penilaian kampung pancasila. Nilai yang terbaik akan mendapatkan penghargaan,” ujar Dandim.

Kepala Desa Kepahyang, Bpk Supriyadi mengapresiasi dan menyambut baik dibentuknya Kampung Pancasila. Ia berharap, dengan diresmikannya Kampung Pancasila, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila terus terpelihara.

“Ini penting guna terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Desa Kepahyang. Harapannya kedepan dengan terbentuknya kampung pancasila menjadi Desa percontohan walaupun berbeda suku ras dan agama namun masyarakat hidup rukun dan damai,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plh. Kasdim 0402/OKI Mayor Chk Ernanda Laksanawan SH. MH, Kadispora Kab.OKI Bpk.Repli, Danramil 402-10/Kayu Agung Letda Inf Edi Gunawan, Kapolsek Lempuing AKP AK Sembiring SH.MH, Camat Lempuing Bpk Sujito, Pengurus PBNU OKI H.Sodiq, Kepala Desa Kepahyang Bpk Supriyadi, Para Tokoh agama,Tokoh Masyarakat Desa Kepahyang, serta Masyarakat Desa Kepahyang. (Hasan)