News Satu, Ogan Komering Ilir, Jumat 1 April 2022- Prestasi gemilang ditorehkan Anak muda OKI. Devi Putri Utami duta genre Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berhasil meraih terbaik ke dua pemilihan Duta Generasi Berencana Provinsi Sumatera Selatan tahun 2022.

Duta GenRe merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk figur teladan serta motivator bagi remaja di bawah naungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Pemilihan Duta GenRe ini berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, kemudian provinsi, dan terakhir di tingkat nasional. Duta yang terpilih mengemban amanah untuk memberikan wawasan kepada para remaja, terutama terkait kesehatan reproduksi dan gizi untuk mencegah stunting.

“Dalam ajang tahunan yang diselenggarakan oleh BKKN Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Alhamdulillah Kabupaten OKI konsisten berada di TOP 10 bahkan pada malam ini berhasil meraih juara kedua, ini prestasi yang membanggakan,” ujar H. M. Lubis, SKM. M.Kes, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten OKI pada ajang yang digelar di Hotel Aryaduta Palembang pada, Kamis (31/3/2022) malam.

Dikatakan Lubis Duta Generasi Berencana sebagai konselor sebaya memiliki peran yang strategis mensosialisasikan program GenRe yaitu pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda.

“Duta GenRe dalam tugasnya akan memberikan pemahaman bagi sebanyanya untuk menekan maraknya permasalahan remaja, dan yang yang paling menonjol adalah permasalahan seputar seksualitas. Persoalan HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba dan rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin pertama yang relatif masih rendah, masih menimpa remaja, sehingga peran duta Genre perlu terus digiatkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Devi Putri Utami usai penobatan sebagai juara kedua Duta Generasi Berencana Sumatera Selatan merasa bersyukur dengan kepercayaan dewan juri pada dirinya.

“Alhamdulillah, sebenarnya tidak begitu ambisi untuk menjadi juara. Saya hanya memberikan yang terbaik, menimati kompetisi ini sebagai proses agar lebih matang saat bertugas ke depannya. Kemenangan ini saya persembahkan untuk seluruh masyarakat OKI,” jelas Devi.

Devi mengatakan ia tertarik untuk menjadi duta remaja berencana karena senang untuk

menjadi tempat konseling teman sebaya atau remaja agar dapat memberikan solusi bagi permasalahan remaja.

“Sebenarnya kemenangan ini merupakan tugas yang berat sebab masa jabatan memang hanya berlaku satu tahun namun seumur hidup harus siap untuk menginspirasi bagi sebaya,” tandasnya.(Hasan)

Komentar