oleh

Nama Masjid Polres OKI Ternyata Nama Gelar Sahabat Nabi

News Satu, Ogan Komering Ilir, Jumat 25 September 2020- Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S MM tidak dapat menyembunyikan kekagumannya, ketika menghadiri peresmian Masjid Al-Faruq di Mapolres Ogan Komering Ilir (OKI).

“Pembangunan Masjid Al-Faruq sangat luar biasa, karena saya tahu betul waktu saya jadi Kapolda belum ada apa-apa, kalau di Jawa ini namanya “Bandung Bondowoso” belum sampai 3 bulan sudah selesai,” ungkap Kapolda, saat meresmikan Masjid Al-Faruq tersebut, Jumat (25/9/2020).

Kapolda Sumsel juga menyampaikan apresiasinya dan memberikan penghargaan kepada Kapolres OKI atas dedikasi dan perhatiannya sebagai pimpinan sehingga bisa membangunkan masjid nan indah dan mampu menyejukkan pandangan mata bagi setiap yang memandangnya.

“Saya antusias dan beri penghargaan kepada Pak Alamsyah (Kapolres OKI) karena bagaimanapun juga polisi atau kita semua juga mempunyai kewajiban kepada Tuhan kita. Seorang pimpinan tidak hanya sekedar menjamin keselamatan anggotanya pada dunia saja, tetapi yang paling berat adalah dunia-akhirat meskipun kita tidak bisa menjamin itu. Nabi Muhammad saja tidak bisa memberikan hidayah kepada pamannya Abu Thalib, Nabi Ibrahim orang tuanya tidak bisa diberi hidayah begitu juga Nabi Nuh anak dan istrinya,” ucapnya.

Tetapi kita sebagai komandan, sebagai pimpinan wajib melaksanakan semaksimal mungkin bukan hanya sekedar menjalankan, menyelesaikan kewajiban, tapi memastikan bahwa masjid dipakai untuk hal-hal yang menyangkut keagamaan dan kepada dunia-akhirat.

“Mudah-mudahan ini menjadi amal dan kebaikan kita bersama. Saya mendo’akan bapak, ibu, saudara-saudara yang telah menginfakkan resekinya untuk pembangunan masjid ini, semoga menjadi amal jariah,” lanjut Kapolda sembari menegaskan agar Salat Dhuha dijalankan.

Sementara itu, Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy menyatakan ungkapan terima kasih kepada Kapolda Sumsel beserta rombongan, Bupati OKI dan jajarannya, serta para Forkopimda OKI atas kesediaanya meresmikan dan menghadiri peresmian Masjid Al-Faruq Polres OKI.

Penamaan Masjid Al-Faruq. Dikatakannya, nama Masjid Al-Faruq ini ia ambil dari julukan salah satu sahabat Rasulullah SAW yaitu, Umar bin Khattab r.a. Al-Faruq memiliki arti orang yang bisa memisahkan antara kebenaran dan kebathilan sebagaimana kisah tauladan yang dimilikinya tersebut.

“Diharapkan seluruh personil Polres OKI juga memilikinya sehingga dapat menjadi aparat hukum yang adil, tegas dan bijaksana,” harapnya.

Syukur Alhamdulillah, masjid ini dikerjakan kurang lebih tiga bulan dengan luas bangunan 328 meter persegi di atas tanah 644 meter persegi dimana terdapat beberapa fasilitas di antaranya ruang salat imam, ruang sholat jamaah yang berukuran 10 kali 10 meter, tempat wudhu untuk laki-laki dan perempuan, kamar pengurus masjid dan gudang serta dilengkapi dengan CCTV, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para jemaah Masjid Al-Faruq.

“Rencana Anggaran Biaya (RAB) Masjid Al-Faruq ini sebesar Rp.1.116.600.00, Alhamdulillah, Allah menitipkan rezeki bagi orang-orang baik yang berkenan membantu pembangunan Masjid Al-Faruq sehingga bisa selesai,” tandasnya.

Untuk dana pembangunan masjid tersebut, dari para donatur termasuk para hamba Allah sebesar Rp.553.723.500 dan berupa bahan material pembangunan per tanggal 23 September 2020 sebesar Rp.542.856.500. Donatur diperoleh dari infak personil Polres OKI dan para pengusaha serta masyarakat dengan tidak meminta namanya disebut.

“Dengan adanya Masjid Al-Faruq ini diharapkan dapat menunjang pelaksanaan tugas dan meningkatkan iman dan taqwa serta pelayanan personil terhadap masyarakat dan semoga amal ibadah kita semua diterima Allah SWT,” tukasnya.

Peresmian Masjid Al-Faruq juga dirangkai dengan kegiatan penanaman pohon Kurma di halaman sekitar masjid, pemberian santunan bagi 115 anak yatim dan kampanye memakai masker oleh Kapolda Sumsel dan Kapolres OKI. (Hasan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.