News Satu, Ogan Komering Ilir, Kamis 1 Oktober 2020- Pemerintah Daerah Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), terus mempertahankan predikat lumbung pangan Nasional. Hal itu dibuktikan dengan melakukan Panen Raya dan Tanam Benih Padi IP 200 di areal persawahan Lebak Sungai Gemuruh Desa Jejawi Kecamatan Jejawi, Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Wakil Bupati Kabupaten OKI, H. M. Dja’far Shodiq upaya ini dilakukan untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional dan mempertahankan status Kabupaten OKI sebagai lumbung padi nasional.

Kita terus mendorong sektor pertanian untuk mengoptimalisasi lahan sawah lebak guna meningkatkan produktivitas dan hasil panen yang berlimpah. Tipologi lahan sawah lebak ini yang memiliki letak yang strategis dengan akesibilitas yang baik merupakan peluang besar untuk pengembangan sektor pertanian tanaman pangan pada skala regional maupun nasional,” katanya, Kamis (1/10/2020).

Wakil Bupati OKI memberikan apresiasi atas kinerja para petani yang telah berhasil mensukseskan panen raya dan penanaman benih padi IP 200. Petani menjadi garda terdepan untuk membantu menyediakan kebutuhan pangan sehingga tidak terjadi krisis, terutama di kondisi pandemi seperti saat ini.

Selain panen raya dan menanam benih padi IP 200, pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati OKI juga menyerahkan bantuan berupa Benih Padi IP 200 dan pupuk secara simbolis kepada kelompok tani di Desa Gemuruh, Kecamatan Jejawi, Kabupaten OKI yang merupakan bantuan dari BPTP Sumsel.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Dr. Atekan, SP, M.Si dalam kesempatan tersebut menyampaikan dukungan dan apresiasi kepada Kelompok Tani di Desa Jejawi.

“Kita akan berupaya memberikan edukasi kepada bapak dan ibu petani agar dapat menggunakan cara modern dalam penggarapan lahan, sehingga keinginan untuk dapat panen 2 kali dalam setahun dapat kita wujudkan,” tandasnya.

Acara tersebut juga dihadiri tokoh masyarakat Jejawi yang juga anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan Bapak Junaidi, SE dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten OKI, Hj. Yusmin.  (Hasan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.