News Satu, Ogan Komering Ilir, Senin 17 Oktober 2022- Sebagai bentuk perhatian dan kepedulian akan kesehatan masyarakat, Satgas TMMD Reguler ke 115 wilayah Kodim 0402/OKI menggelar pengobatan gratis dan khitanan massal di Posko TMMD Desa Cahya Bumi Kecamatan Lempuing, Minggu (16/10/2022) kemarin.

Kegiatan sosial tersebut merupakan bagian dari rangkaian Program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) yang ke 115 di wilayah Kodim 0402/Oki dalam pelaksanaannya, melibatkan Petugas Kesehatan baik dari Unsur Poskesdim dan para tenaga medis dari Puskesmas Kecamatan Lempuing.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Dansatgas TMMD Letkol Inf Hendra Ssputra, S.Sos., M.M., MI. Pol, yang mana program khitanan massal dan kesehatan ini diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan kesehatan yang terdapat di wilayah tersebut.

“TMMD ini tidak hanya sebagai wadah bakti TNI yang fokus pada akselerasi Pembangunan yang sifatnya fisik saja, akan tetapi bidang kesehatan masyarakatpun harus Kita perhatikan. Pengobatan dan sunat massal gratis ini Kita buka untuk umum, namun Kita prioritaskan bagi warga kurang mampu dan yang betul – betul membutuhkan pertolongan medis,” ungkap Letkol Hendra asli putra daerah Bumi Bende Seguguk.

Pantauan dilokasi, masyarakat sangat antusias dan menyambut senang dengan adanya program ini. Terbukti banyak warga yang datang berbondong – bondong silih berganti dengan penyakit yang bervariasi. Sementara untuk yang ikut khitanan massal, sesuai laporan dari Tim Satgas Kesehatan telah tercatat sudah puluhan anak – anak yang di sunat.

“Yang berobat cukup ramai dan didominasi oleh warga Desa Cahya Bumi dan Desa Bumi Arjo yang kebetulan memang dekat dengan lokasi. Kita akan membuka Program Pengobatan gratis ini selama pelaksanaan TMMD. Kami mengajak seluruh unsur terkait untuk memantapkan dan mensukseskan program ini demi kepentingan masyarakat,” kata Dansatgas.

Sementara itu ibu Halimah yang turut mengantarkan anaknya ikut khitanan massal mengatakan, “Kami sangat terbantu dalam kegiatan sunatan massal yang dilaksanakan oleh satgas TMMD ini,” ucap ibu Halimah.

Menurutnya, dirinya sengaja datang sejak pagi ke posko TMMD tempat dimana diadakannya khitanan massal, karena mendapatkan informasi dari bapak Babinsa bahwa adanya sunatan massal yang dilakukan oleh bapak-bapak TNI.

Di tempat khitanan massal, Angga (10 ) salah satu anak Desa Cahya Bumi yang ikut dalam kegiatan sunatan massal saat ditanya anggota satgas TMMD mengaku sangat senang akan dikhitan, karena memang sudah lama menginginkannya.

“Senang karena dikhitan oleh bapak tentara, kami juga disiapkan Sarung dan Peci serta uang tali asih Rp 25.000/orang untuk yang di khitan dari pak Tentara, semoga saya nanti bisa jadi tentara juga,” ujarnya. (Hasan)