oleh

Desa Waru Barat Pamekasan Berinovasi Soal Sampah

News Satu, Pamekasan, Jumat 2 Oktober 2020- Adanya kepastian realisasi pembangunan Tempat Pengolahan Sampah TPS dari Pemkab di Desa Waru Barat, Kecamatan Waru, Pamekasan, Jawa Timur, mendorong semua kalangan memacu kesiapan lainnya. Bahkan, Lahan seluas 0,4 Ha disiapkan oleh Kepala Desa.

Buktinya, tanpa menunggu beroperasinya TPS dengan konsep 3R, Reuse Reduce dan Recycle tersebut, Kepala Desa Waru Barat Abdus Salam Ramli menggelar rapat koordinasi dan konsolidasi. Bahkan sudah menyusun tim TPS3R yang nantinya akan bergerak, di Balai Desa Waru Barat, Kamis Malam.

Konsolidasi TPS3R tersebut, terkait persiapan yang harus dilakukan sejak awal. Guna mewujudkan bagian unit usaha atau BUMDes yang profesional dan berdaya saing.

“Target pencapaiannya nanti akan terukur dan terarah. Baik, mulai dari input – proses- output produksi. Sehingga alur kerjanya jelas dan efektif,” ungkapnya, Jumat (2/10/2020).

Secara khusus dihadirkan Juga Direktur BUMDes, Calon Kepala TPS3R, Calon Kabid. Tata Kelola Persampahan dan Pendamping TPS3R. Bahkan juga nampak Kordinator Lapangan serta Ketua Poktan Riski Jaya Co Gunung Barat.

Dalam pertemuan itu akhirnya disepakati beberapa hal yang dinilai krusial dalam pengembangan dan pengelolaan TPS. Yakni antara lain, mengoptimalkan Sampah bernilai ekonomis. Diantaranya manggot yang digawangi inovasi dari bidang sampah lainnya.

Lalu, upaya pemberdayaan masyarakat terkait tata kelola sampah di lingkungan masyarakat. Serta upaya edukasi secara menyeluruh terkait pemahaman 3R. Yakni Reuse, Reduce danĀ  Recycle.

“Upaya ini tidak lain untuk mengatasi problema sampah di Desa. sebab perekonomian di Waru Barat cukup tinggi. Dan aktifitas di pasar juga padat sehingga membutuhkan sistem TPS3R terpadu, untuk mengelola padatnya Sampah Pasar dan dari rumah tangga”, tutupnya. (Yudi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.