Gubernur Khofifah dan Bupati Baddrut Tamam Sambangi Korban Bencana Banjir Pamekasan

News Satu, Pamekasan, Rabu 2 Maret 2022- Sekitar pukul 10.00 wib pada Rabu pagi, rombongan yang terdiri dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam bersama segenap jajaran melakukan kunjungan ke beberapa titik bencana banjir yang berada di Kabupaten Pamekasan Jawa timur. Mereka bergerak untuk memantau secara langsung dan melihat kondisi terkini korban banjir yang menyebar di 2 kecamatan Bumi Gerbang Salam.

Diantaranya yakni di Kecamatan Pamekasan Kota dan Kecamatan Pademawu yang hingga pukul 12.00 siang masih ada genangan air di beberapa titik terdalam kampung tersebut. Sebut saja di Desa Sumedangan, Desa Laden, Kelurahan Patemon dan beberapa daerah di aliran sungai perkotaan Bumi Gerbang Salam.

Sesuai agenda, rombongan bergerak dari Gedung Bakorwil Pamekasan menuju ke lokasi Dusun Tengah Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu. Di sana Gubernur Khofifah bersama Bupati Baddrut tinjau rumah warga yang tergenang Air, serta pastikan upaya teknis paska disiapkannya Pompa Portabel dan menumpangi Perahu Karet dari PU SDA Provinsi Jatim, keduanya sambangi warga di dalam perkampungan.

Baca Juga :  Melanggar Perda, Tim Satpol PP Tutup Tempat Karaoke di Pamekasan

Lalu, setelah itu segenap rombongan bergerak ke dapur umum yang dipusatkan di Pendopo Kecamatan Pamekasan Kota dan memberikan bantuan paket sembako untuk diolah bagi sekitar 13.000 jiwa korban banjir di 2 kecamatan tersebut.

“Saya cukup mengapresiasi langkah taktis pemerintah kabupaten Pamekasan yang telah sigap dalam menangani korban dan warga terdampak mulai kemarin. Semoga musibah ini segera usai, dan warga akan kembali beraktifitas seperti biasa,” ungkap Gubernur Khofifah, Rabu (2/3/2022).

Sementara itu selain di dua Tempat itu, kemudian rombongan kembali bergerak menyalurkan bantuan nasi bungkus dan sembako pada pemukiman warga terdampak di Kelurahan Patemon. Lalu bergeser ke komplek Ponpes Nasrul Ulum di Kampung Bagandan dan juga ke Ponpes Nasrul Ulum di Kelurahan Patemon yang juga cukup parah terdampak terjangan banjir kemarin.

Baca Juga :  Warga 3 Desa Terdampak Bencana, Disemangati Bupati Pamekasan

Senada dengannya, Kepala Dinas Sosial kabupaten Pamekasan, Moh. Tarsun mengatakan pihaknya bersama Tagana dan relawan dengan melihat kondisi di lapangan maka dalam 2 hari atau 3 hari kedepan tetap membuka Dapur Umum di Pendopo Kecamatan Pamekasan. Karenanya soal logistik dan para tenaga relawan ini bisa terus berperan dan bergantian memenuhi kuota kebutuhan makanan bagi warga yang terdampak.

“Bahkan mulai tadi malam sudah banyak bantuan yang datang. Bahjan ada yang dari kabupaten Sumenep. sedangkan untuk tenaga pendistribusian dari unsur-unsur lain sudah berbaur bersama TNI Polri juga,” terangnya.

Secara teknis nasi bungkus langsung di salurkan ke masyarakat yang terdampak banjir di kecamatan Pamekasan dan kecamatan Pademawu juga. Tak ayal jika pihaknya menyampaikan terima kasih atas kegotongroyongan dan sinergitas masyarakat Pamekasan dalam memenuhi kebutuhan dasar dan kebutuhan makanan.

Baca Juga :  Ini Cara FPTI Pamekasan Kenalkan Olahraga Alam Bebas pada Masyarakat

Terhitung sudah ada empat komunitas yang beri bantuan dan diterima oleh tim di posko dapur umum hingga Rabu pagi ini. Kemudian ada dari pihak lainnya seperti Bank Jatim yang akan datang, juga ada dari PT. Taspen yang belum datang.

“Bahkan Gubernur Jatim juga bawa 50 paket untuk dapur umum di sini. Kami atas nama pemerintah kabupaten Pamekasan menyampaikan terima kasih,” tukasnya.(Yudi)

Komentar