NU Care Bantu Air Bersih Ke Warga Pesisir Pamekasan

News Satu, Pamekasan, Senin 28 September 2020- Keluhan masyarakat agar bisa membantu air bersih dimusim kemarau masih saja santer terdengar. Walaupun dari Pemkab sebenarnya sudah ada jatah 2 tangki setiap minggu, namun masih  dinilai kurang jika dibandingkan dengan jumlah masyarakat yang membutuhkan.

Tak hanya itu, meski sebelumnya banyak warga yang sudah berusaha menyambung saluran PDAM, namun sering macet. Bahkan, ada yang mencoba untuk mengebor agar bisa merasakan segarnya air bersih dan rasanya tawar. Tapi sia sia, hanya bisa berharap uluran tangan dari masyarakat.

Setidaknya ini fenomena kesulitan air bersih hang disampaikan warga terdampak kekeringan di Desa Pegagan. Bahkan juga di Desa Jarin Kecamatan Pademawu Pamekasan, Jawa Timur. Merespon keluhan warga ini, banyak pihak yang peduli. Mulai dari Relawan hingga swadaya dari organisasi kemasyarakatan lainnya. Seperti MWCNU Kecamatan Pademawu yang menggerojok 2 tangki di Desa tersebut.

Melalui program NU Care Lazisnu, pihaknya menyalurkan bantuan air bersih. Tak ayal saat penyaluran air bersih ditangdon, mendapatkan antusias Masyarakat. Bahkan masih ada yang tidak kebagian air, karena banyaknya masyarakat yang membutuhkan air tersebut.

“Kedepannya tetap kami agendakan, semoga gerakan kemanusiaan untuk umat ini selalu bisa dilakukan oleh kita semua. Semata mata untuk mengurangi kesulitan sesama,” ujar Kyai Sobri.

Menurut Ketua Tanfidiyah Ranting Pegagan ini pula, memang daerahnya ini termasuk kawasan susah air. Meski sudah diusahakan melalui pengeboran, tetap tidak ada sumber mata air.

“Bahkan banyak yang menyambung saluran PDAM tetapi sering macet. Jadi tidak bisa menyalurkan air ke warga sekitar,” tuturnya. (Yudi)

Komentar