Upacara Hari Kemerdekaan RI Ke 77, Lapas Pamekasan Nuansa Adat Nusantara 

News Satu, Pamekasan, Kamis 18 Agustus 2022- Gema pekik kemerdekaan Indonesia terus bergenderang di berbagai instansi pemerintah dan swasta di kabupaten Pamekasan, Jawa timur, pada 17 Agustus 2022 kemarin. Tak terkecuali di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas IIA Pamekasan yang diikuti segenap jajaran petugas setempat dengan khidmat dalam balutan pakaian adat Nusantara sebagai wujud kebhinekaan Indonesia.

Pasalnya, setelah 2 tahun Lapas Pamekasan melaksanakan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan berbagai pembatasan. Nah, pada hari Rabu 17 Agustus 2022 segenap keluarga besar Lapas Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim melaksanakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan republik Indonesia ke 77 dengan penuh sukacita.

Sebagaimana pantauan media kala itu, mereka sudah mulai upacara peringatan tepat pada pukul 07.00 WIB. Bahkan upacara peringatan Hari Kemerdekaan ini dilaksanakan di lapangan upacara Lapas kelas 2A Pamekasan dengan mengusung tema “Bangkit Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

Nampak dengan guyub dan khidmat dalam acara itu dihadiri seluruh pegawai Lapas Pamekasan, Lapas Narkotika Pamekasan. Lalu juga jajarab Bapas Pamekasan dan Imigrasi Pamekasan sebagai anggota korwil Madura.

Tak ayal juga, pada upacara kali ini Kalapas Pamekasan, Seno Utomo bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan HUT RI ke 77. Kemudian juga turut dihadiri Kalapas Narkotika Pamekasan, Yan Rusmanto, dan Kepala Imigrasi Pamekasan, Imam Baru serta seluruh pejabat struktural masing masing.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Bapak Yasonna H. Laoly yang dibacakan inspektur upacara Seno Utomo, pihaknya mengucapkan selamat. Lalu terus mengapresiasi kepada para pegawai yang menerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya.

“Saya ucapkan selamat dan apresiasi kepada para pegawai yang menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya X (sepuluh), XX (dua puluh), dan XXX (tiga puluh) tahun,” ujarnya.

Menurut Seno, penghargaan ini semoga dapat memotivasi kinerja para pegawai untuk semakin berintegritas. Sehingga kedepannya semakin PASTI dan BerAKHLAK dalam menunaikan berbagai kewajiban sebagai petugas Lapas di Bumi Gerbang Salam.

“Sekali lagi saya sampaikan selamat atas pencapaiannya,” tandasnya.(Yudi)