Satgas Operasi Damai Cartenz Berhasil Lumpuhkan 2 Anggota KKB Aktif Di Yahukimo

News Satu, Papua, Jumat 12 April 2024- Satgas Operasi Damai Cartenz di Wilayah Yahukimo berhasil melumpuhkan 2 anggota KKB aktif dari kelompok Kopi Tua Heluka dan kelompok Yotam Bugiangge di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Kepala OPS Damai Cartenz 2024, Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani, memaparkan bahwa operasi tersebut berhasil menangkap Afrika Heluka, anggota KKB aktif dari kelompok Yahukimo pimpinan Kopi Tua Heluka. Afrika Heluka merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) dalam beberapa kasus penembakan dan serangan terhadap aparat keamanan serta warga sipil.

“Sementara itu, kami juga berhasil melumpuhkan Toni Wetapo alias Toni Giban, anggota KKB aktif dari kelompok Yahukimo pimpinan Yotam Bugiangge. Toni Wetapo diduga terlibat dalam berbagai kasus kekerasan, termasuk pembantaian terhadap masyarakat pendulang emas dan penembakan pesawat Wings Air,” ungkap Faizal, Jumat (12/4/2024).

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, AKBP Dr. Bayu Suseno, menegaskan bahwa operasi tersebut tidak hanya berhasil melumpuhkan 2 anggota KKB aktif, tetapi juga mengamankan 6 orang lainnya yang diduga terlibat dalam aktivitas kelompok tersebut. Barang bukti yang disita dari tempat kejadian termasuk senjata tajam, senapan angin, dan aksesoris militer.

“Operasi ini adalah pesan tegas kepada para pelaku kejahatan di Tanah Papua bahwa tindakan mereka tidak akan ditoleransi dan akan dihadapi dengan tindakan hukum yang tegas,” tegas Bayu.

Tindakan Satgas Operasi Damai Cartenz menegaskan komitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Papua, serta memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman KKB yang seringkali mengganggu kedamaian dan kehidupan warga setempat. (Rid)

Komentar