HEADLINENASIONALNEWSNEWS SATUPEMERINTAHANPENAJAM PASER UTARA

Target Agustus 2024, Progres Pembangunan Tol IKN Capai 81 Persen

2105
×

Target Agustus 2024, Progres Pembangunan Tol IKN Capai 81 Persen

Sebarkan artikel ini
Target Agustus 2024, Progres Pembangunan Tol IKN Capai 81 Persen
Target Agustus 2024, Progres Pembangunan Tol IKN Capai 81 Persen

News Satu, Penajam Paser Utara, Minggu 12 Mei 2024- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dr. (H.C.) Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., mengumumkan bahwa progres pembangunan Tol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah mencapai 81%.

Dalam kunjungan kerjanya ke lokasi proyek, Menteri Basuki menyatakan harapannya agar tol tersebut dapat beroperasi secara fungsional sebelum peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024.

Menurut Menteri Basuki, tol IKN akan menjadi jalur penting yang menghubungkan IKN dengan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), dengan titik masuk terletak di KM 8 – Kariangau. Hal ini akan mempersingkat waktu perjalanan antara dua titik tersebut, tanpa perlu melewati Tol Balsam hingga KM 33.

“Tol IKN sepanjang 27 KM dari Kariangau sampai ke Jembatan Pulau Balang akan kita manfaatkan pada 17 Agustus 2024 sebanyak tiga lajur,” kata Menteri Basuki.

Meskipun pembangunan tol ini terus berlanjut, Menteri Basuki menyoroti tantangan terkait pembangunan jembatan Sungai Wain. Namun, ia menegaskan bahwa secara keseluruhan tidak ada hambatan fisik yang signifikan yang menghalangi proyek ini.

:Pemerintah berkomitmen untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan tepat waktu,” tandasnya.

Selain itu, Menteri PUPR juga meninjau pembangunan duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek dan pengecatan (beautifikasi) Jembatan Pulau Balang. Pembangunan ini dianggap penting untuk memperkuat infrastruktur jalan dan jembatan yang sudah ada sejak Januari 2024.

“Dengan proyek ini, diharapkan konektivitas antara IKN dan daerah sekitarnya akan meningkat, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan mobilitas masyarakat di wilayah tersebut,” pungkasnya. (Dani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.