Inilah Tanggapan Satpol PP Probolinggo, ODGJ Mengamuk dan Membacok Warga

News Satu, Probolinggo, Jumat 16 Desember 2022- Kabar berita peristiwa salah satu ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) mengamuk dan membacok dua warga Kabupaten Probolinggo sekitar pukul 8 pagi, Jumat (16/12/2022) itu, sempat menggegerkan media sosial dan warga setempat.

Seorang pria mengamuk di Jalan Panglima Sudirman Desa Kebonagung, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Pria itu bernama Erik Ferdianto (36), warga Jalan Taman Desa Paiton, Kabupaten Probolinggo. Dia mengamuk hingga menyerang dua orang masyarakat menggunakan senjata tajam berbentuk Parang berlokasi di jalan Raya Panglima Sudirman Kabupaten Probolinggo dan sempat terekam warga dengan video amatirnya hingga viral di medsos.

Sementara sebagian Warga mulai trauma dengan peristiwa itu, lantaran masih banyak ODGJ berkeliaran.

“ODGJ masih banyak berkeliaran mas,” ujar Juned.

Menanggapi hal tersebut, Kasatpol PP Kabupaten Probolinggo, Aruman, mengatakan pihak akan melakukan Koordinasi dengan pihak terkait agak hal seperti itu tidak terulang lagi.

“Kita selalu koordinasi dengan jajaran kepolisian, bila tindak pidana yang di lakukan, termasuk jaga operasi operasi ODGJ yang rutin. kita laksanakan oleh personil Satpol PP dan apabila ada informasi tentang keberadaan ODGJ akan melibatkan OPD Dinsos (TKSK) Kecamatan dan nantinya akan dinilai beliau (Jajaran Kesehatan, Dinsos Forkopimka, Satpol PP serta Kades) untuk di masukkan ke Rumah Singgah yang berada di Dringu (Eks Perijinan) yang masih jadi satu dengan Cru Damkar Barat,” tegasnya.

Selain itu peristiwa ini akan berdampak kepada ODGJ yang berada di wilayah Kota Probolinggo dan Kasat Pol PP Kota Probolinggo, Aman Suryaman menanggapi hal ini meminta kepada warga langsung menghubungi Call Center 112 apabila meresahkan warga.

“Kota Probolinggo sudah menyediakan call center 112 untuk melayani gawat darurat dan masalah Trantibum, dan sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Kota.Kalau ada ODGJ yang meresahkan, silahkakan segera menghubungi call center 112,” singkatnya melalui akun WhatsAppnya. (Bambang) 

Komentar