oleh

Pendapat Akhir Raperda APBD 2022 Kota Probolinggo Disetujui 5 Fraksi

News Satu, Probolinggo, Rabu 1 Desember 2021- Rapat Paripurna Pendapat Akhir Raperda APBD tahun 2022, Kota Probolinggo, Jawa Timur, dihadiri oleh 5 fraksi dari total 7 fraksi. Sementara, 2 fraksi lainnya tidak menghadiri rapat tersebut, yakni fraksi Golkar dan fraksi Nasdem.

Acara tersebut dilaksanakan pada Selasa (30/11/2021) dari pukul 19.00 Wib hingga pukul 22.00 Wib. Rapat dihentikan karena peserta tidak mencapai qourum dari 30 orang, yang hadir hanya 13 orang. Oleh sebab itu, rapat ditunda hingga berjam-jam. Atas ketidakhadiran 17 anggota DPRD itu, maka Rapat Paripurna Pendapat Akhir itu ditentukan oleh fraksi untuk penandatanganan RAPBD tahun 2022.

Dalam durasi yang cukup lama penundaan rapat itu, sekitar pukul 00.00 Wib akhirnya rapat dimulai setelah fraksi Gerindra dan fraksi PPP hadir diruangan rapat paripurna tersebut. Karena peserta sudah mencapai qourum maka penandatangan nota kesepakatan Pemkot Probolinggo dan DPRD bisa dilakukan. Selanjutnya, 5 fraksi tersebut mengatakan setuju atas pendapat akhir terhadap Raperda APBD 2022 kota Probolinggo dan dilakukanlah penandatanganan nota kesepakatan Pemkot Probolinggo dan DPRD kota Probolinggo.

Ketua DPRD kota Probolinggo, Abdul Mujib, menjelaskan, soal molornya rapat paripurna hingga berjam-jam, disebabkan karena fraksi yang menghadiri acara tersebut hanya 5 fraksi, 2 faksi lainnya sedang absen.

“Sebetulnya tidak ada kendala apa-apa, mungkin selama ini terjadi sedikit miskomunikasi tapi tidak usah saya jelaskan. Prinsipnya malam ini saya bersyukur bisa disahkan penandatanganan ini, dan disetujui 5 fraksi. sebab yang 2 fraksi sejak rapat tadi dimulai belum menyerahkan hasil pendapat akhir fraksinya jadi kita belum tahu isi pendapat akhirnya. Yang terpenting ada 5 fraksi sudah menyetujui dan sudah quorum dari tatib kami,” ungkapnya.

Sementara, secara terpisah Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, mengatakan, APBD 2022 sudah disahkan dan disetujui dengan peserta sudah mencapai quorum. Mengenai 2 fraksi yang tidak hadir, dirinya mengaku tidak tahu apa alasannya.

“5 fraksi yang hadir, PPP, Gerindra, PKB, PDI. Perjuangan dan fraksi gabungan PKS. Demokrat sudah mencapai quorum alhamdulillah lancar APBD 2022 sudah disepakati. Sehingga kita langsung menyampaikan keprovinsi untuk dievaluasi. Jadi APBD 2022 sudah ada kepastian disetujui oleh 5 fraksi”, tegasnya.

“Alasan yang tidak hadir 5 fraksi saya tidak tahu. Seharusnya hadir karena ini keputusan akhir. Untuk yang dua fraksi yang tidak hadir, coba tanyakan sendiri alasannya ke yang bersangkutan atas ketidakhadirannya,” sambungnya.

Pihaknya bersyukur karena Rapat Paripurna Pendapat Akhir Raperda APBD tahun 2022 dapat berjalan lancar dan APBD 2022 sudah diketuk palu dengan disetujui oleh 5 fraksi.

“Yang penting APBD ini sudah di dok tanggal 30 nopember 2021 hingga berjalan lancarr,” pungkasnya.(Bambang)

Komentar

News Feed